Refocusing Anggaran COVID-19 Paling Lambat Jumat, Riza Sebut Payakumbuh Telah Melakukannya

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat mengikuti Vicon dengan Kemendagri Ri, Tito Karnavian.
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat mengikuti Vicon dengan Kemendagri Ri, Tito Karnavian. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian mengingatkan kembali gubernur, wali kota, dan bupati se-Indonesia untuk melakukan relokasi anggaran atau recofusing untuk penanganan pandemi virus Corona atau COVID-19.

Hal itu disampaikan Tito Karnavian saat melakukan video confren (Vicon) yang diikuti Ketua KPK RI, Kepala BPK RI, Kepala BPKP, Kepala LKPP RI, dan Kabareskrim, Rabu (08/04).

baca juga: Jelang Penerapan New Normal, DPRD Payakumbuh Gelar Rapat Pansus

Dalam Vicon tersebut, mantan Kapolri itu menyebut, dari laporan rincian anggaran keuangan sejumlah daerah masih banyak daerah yang belum mengalokasikan dan merefokuskan anggarannya untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

"Berdasarkan Instruksi mendagri Nomor 1 Tahun 2020, agar segera merefocusing anggaran untuk pencegahan virus Corona paling lambat, Jumat yang akan datang," kata Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

baca juga: Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Rumah Veteran dan Warga Miskin di Suliki

Menindak lanjuti hal tersebut, Kepala BPKP RI, Muhammad Yusuf Ateh melaporkan, sampai Rabu (8/4) pukul 07.00 WIB baru 459 dari 542 pemda yang telah melaporkan refocusing kegiatan dan alokasi anggaran ke BPKP RI.

"Baru 84,69 persen yang melaporkan dengan rincian 34 pemprov dan pemkab pemko 425 dan jumlah anggaran lebih kurang Rp19,8 Trilyun dengan uraian BTT setelah refocusing Rp17,4 T dan non BTT Rp2,3 T," ungkapnya.

baca juga: Pedagang Pasar Payakumbuh Ajukan Sejumlah Syarat Pada Pemko Sebelum Dilakukan Swab Massal

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang ikut pada Vicon tersebut menjelaskan, pihaknya telah melakukan refocusing anggaran dan jajarannya sudah segera bergerak untuk penanganan COVID-19.

"Yang paling utama kita harus selamatkan dulu kebutuhan masyarakat kita, jangan sampai ada yang terlantar akibat COVID-19 ini," Kata Riza.

baca juga: MPP Payakumbuh Akan Kembali Buka Pelayanan Setelah PSBB Tahap III Berakhir

Wali Kota dua periode menyebut, mulai April Pemko Payakumbuh akan segera menyalurkan bantuan kepada 44 ribu rakyat Kota Payakumbuh yang penghasilannya terdampak oleh COVID-19 sampai beberapa bulan ke depan.

"Mulai hari ini, melalui Dinas Sosial kita juga akan mendirikan dapur umum di dekat tugu Adipura untuk masyarakat yang kurang mampu," pungkas Riza. (*)

Editor: Taufik Hidayat