Tiga Orang di Padang Positif COVID-19, Kadinkes: Dirawat di Rumah Karena Tanpa Gejala

Data peningkatan pasien covid-19 yang positif
Data peningkatan pasien covid-19 yang positif (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Lagi, tiga orang masyarakat Kota Padang terkonfirmasi positif Corona, Rabu 8 April 2020. Dengan begitu, jumlah total masyarakat yang terpapar saat ini berjumlah 15 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang , Feri Mulyani saat dihubungi, Rabu 8 April 2020 mengatakan, tiga orang masyarakat Kota Padang yang kembali teridentifikasi positif Covid-19, diketahui karena melakukan kontak dengan pegawai Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

"Tiga orang yang tersebut karena kontak langsung dengan pegawai RSUP M Djamil yang teridentifikasi positif kemarin," katanya.

Ia mengatakan, tiga orang tersebut diketahui positif setelah pihaknya melakukan tracking terkait orang-orang yang melakukan kontak dengan empat orang yang positif sebelumnya.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Ia mengatakan, tiga orang yang positif tersebut saat ini dirawat di rumahnya masing-masing.

"Ketiganya dirawat di rumah karena pasien positif tanpa gejala," lanjutnya.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 6 Juni, 54,37 Persen Pasien Dinyatakan Sembuh

Ia mengimbau masyarakat agar tetap melakukan social distancing, karena belum tentu orang yang terinfeksi tersebut menunjukkan gejala seperti sesak napas, batuk dan demam tinggi.

"Kalau tanpa gejala ini, mereka masih tetap sehat seperti biasanya. Tidak menunjukkan gejala seperti pasien yang dalam kategori berat atau sedang," lanjutnya.

baca juga: Pulang dari Jakarta, Seorang Warga Sungai Geringgiang Pariaman Positif COVID-19

Ia berharap masyarakat tetap menjaga jarak dengan orang sekitar dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Sesuai data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Kota Padang di website dinkes.padang.go.id, Rabu 8 April 2020, sebanyak 15 orang dinyatakan positif.

Terhitung, sejak sepekan terakhir sebanyak sembilan orang masyarakat Kota Padang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Pertumbuhan angka masyarakat Kota Padang yang terpapar terhitung cukup cepat dibanding daerah lainnya. Terhitung, dalam dua hari, tujuh orang sudah terpapar.

Angka tersebut akan terus meningkat, karena masih banyaknya angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Padang .

Sesuai data yang dirilis, sebanyak 25 orang masih berstatus PDP, sementara untuk ODP terhitung sebanyak 58 orang.

Untuk angka PDP meningkat sebanyak tiga orang dari hari sebelumnya. Sementara untuk ODP meningkat satu orang dari hari sebelumnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera