Group Bunga Sumbar Pakai Jasa Ojol Antar Paket Bantuan Corona

Foto Grup Bunga Sumbar
Foto Grup Bunga Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Banyak cara dilakukan organisasi sosial dalam membantu sesama saat wabah COVID-19. Salah satunya seperti yang dilakukan Group Bunga Sumatera Barat (Sumbar) binaan Hj. Vita Nova, S.H peduli terhadap pencegahan dan dampak COVID-19 di Sumbar.

Uniknya, istri mantan gubernur Sumbar Gamawan Fauzi ini memanfaatkan jasa ojek online ( Ojol ) untuk mengantarkan ratusan paket sembako untuk warga Kota Padang yang terdampak wabah Covid-19.

baca juga: Kadis Perdagangan Padang: Kita Ingin Tes Swab hingga 2000 Orang

"Pendistribusiannya juga tidak secara langsung, karena himbauan pemerintah kan kita harus Social distancing dan tidak boleh berkumpul banyak. Kami memanfaatkan jasa ojek online untuk membantu mengantarkan pada warga yang membutuhkan," jelasnya saat ditemui di kediamannya, Rabu, 8 April 2020.

Disela-sela kegiatannya, ibu dari tiga orang anak ini mengatakan, sejak dibentuk beberapa tahun lalu group Bunga Sumbar memang selalu memberikan kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat yang terkena dampak dari bencana (musibah).

baca juga: Rumah Sakit Yang Akan Dijadikan Rujukan COVID-19 di Mentawai Rusak Parah

"Misalnya warga yang kena dampak longsor, banjir, gempa dan lainnya, kami mencoba memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban masyarakat. Begitu juga saat ini, semuanya kena dampak Covid-19, apalagi warga yang memiliki penghasilan yang terbilang kecil, maka sangat terasa dampaknya," jelas Vita, didampingi rekannya Efa, Rabu 8 April 2020 di Padang.

Vita juga menceritakan rencana awal yang akan diberikan group Bunga adalah masker dan handsanitaizer, namun karena kondisinya sudah mulai banyak tersedia maka bantuan tersebut dialihkan ke sembako yang juga tidak kalah penting bagi masyarakat.

baca juga: Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

Dana yang terkumpul dari grup Bunga berjumlah 41,5 juta, untuk 205 paket dengan nominal Rp200 ribu dengan sembako yang isinya beras 5 kg, telur, minyak, gula, teh dan makanan lainnya. Paket yang sudah dibungkus ini didistribusikan ke rujuk kecamatan yang ada di Padang, seperti Padang Utara, Lubuak Begalung, Koto Tangah, Padang Barat, Padang Timur, dan yang lainnya.

Bantuan tersebut diberikan pada warga yang sangat membutuhkan, dalam artian merasakan langsung dampak COVID-19 ini. Misalnya, gojek, asisten rumahtangga, pedagang kaki lima, mahasiswa yang tidak mampu, dan disabilitas juga ada sekitar 20 orang.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

"Kami melakukannya dengan ikhlas untuk membantu saudara kita yang terkena dampak Covid-19. Tapi kita juga tidak menutup mata bahwa masih ada ibu-ibu atau pihak yang belum berpartisipasi untuk membantu, maka kami grup bunga terus terbuka menerima, dan manyalurkannya pada warga yang membutuhkan," sambungnya.

Grup Bunga yang beranggotakan lebih kurang 55 orang perempuan ini didirikan Vita sejak tiga tahun lalu, dengan berbagai kegiatan yang digelar mulai dari kegiatan sosial, pendidikan, majelis taklim, arisan, dan lainnya.

"Karena ibu di Jakarta, maka ditunjuklah ketuanya yang ada di Padang yakitu ibu Edha Desri Ayunda. Kalau untuk arisan ibu kirimkan dari Jakarta, tapi kalau pilang ke Padang maka ibu akan hadir pada kegiatan grup bunga," tuturnya.

Sebagai umat yang beragama Vita mengajak masyarakat untuk berdoa pada Allah SWT, dan tetap menjaga diri. Mudah-mudahan ini ujian yang disikapi dengan positif, artinya berfikiran positif akan ada hikmah dari ujian ini.

Menjelang puasa, biasanya grup bunga juga mengumpulkan zakat, infak dan sadakah dari keluarga bunga yang akan memberikan. Grup bunga menyalurkan bantuan dengan mengajak anak-anak yatim di panti asuhan berbuka bersama, namun karena kondisinya harus jaga jarak maka bantuan tetap digalang dan dilakukan namun melakui perantara.

Eti (disabilitas) seorang pedagang bunga di acara wisuda, mengucapkan terimakasih pada Grup Bunga yang telah memberikan bantuan pada masyarakat yang tidak mampu. Dia berharap, akan ada pihak lain yang juga memberikan perhatian yang sama pada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Hal senada juga disampaikan Dodi driver Gojek, selain mengucapkan terimakasih, dia juga mengaku sangat senang mendapatkan bantuan karena baru perdana dapat.

"Mudah-mudahan ke depan rejeki ibu-ibu grup bunga semakin bertambah, sehat selalu," tuturnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir