Kontak dengan Teman Sekantor, Dua ASN Pessel Positif COVID-19

Screenshot hasil data dari https://covid19.pesisirselatankab, Rabu 8 April 2020
Screenshot hasil data dari https://covid19.pesisirselatankab, Rabu 8 April 2020 (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Kabag Humas dan Protokoler Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ) Sumatera Barat Rinaldi mengungkapkan, dua kasus baru positif Covid-19 asal daerah itu merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang dinas di Dinas Kesehatan Pessel .

Keduanya terkonfirmasi positif setelah melalui hasil tes swab, dan terindikasi sebagai orang yang pernah kontak dengan pasien kasus 01.

baca juga: 30 Warga Batangkapas Pessel Jalani Karantina COVID-19

"Dia seorang laki-laki, dan seorang perempuan. Keduanya PNS," terangnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Rabu 8 April 2020.

Ia menjelaskan, dengan adanya dua kasus baru itu, dinyatakan jumlah ASN yang terpapar COVID-19 berjumlah 3 orang (untuk kasus 01,03 dan 04) Untuk kasus 02 diketahui sabagai bidan, namun tidak dipastikan bertugas di mana.

baca juga: Gelar Pilkada di Tengah COVID-19, KPU Pasbar Butuh Tambah Anggaran

"Kasus 01 juga bertugas Dinas Kesehatan, tapi yang satu lagi bidan (kasus 02), saya tidak mengetahui pasti bertugas di mana," jelasnya.

Sementara, untuk kedua kasus baru itu, saat ini yang bersangkutan sudah diisolasi di RSUD M.Zein Painan.

baca juga: Puluhan Warga Sungai Rumbai Kembalikan Dana BLT, Ini Sebabnya

Lanjutnya, sehubungan dengan adanya kasus nomor 03 dan 04, saat ini gugus tugas dan seluruh pihak terkait telah mengambil langkah lebih lanjut.

Selain, menelusuri siapa saja orang yang pernah kontak dengan pasien, juga segera melakukan isolasi

baca juga: Bantu Percepatan Kesembuhan, Manajemen RSUP M. Djamil Ajak PDP COVID-19 Senam Gembira

"Mereka yang pernah kontak dengan kasus nomor tiga dan empat akan segara diisolasi," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Rabu 8 April 2020 pukul 13.00 WIB, dinyatakan total orang positif Covid-19 di Pessel bertambah jadi 4 kasus.

Untuk kasus 03 dan 04 atau kasus baru ini. pasien diketahui tidak memiliki gejala yang menunjukan tanda-tanda terinfeksi Covid-19, namun karena sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan dilakukan tes swab ternyata positif.

Diketahui sesuai dengan tambahan kasus ini, angka kasus baru yang terpantau di sebaran kecamatan setempat ikut bertambah dalam link web: https://covid19.pesisirselatankab.go.id.

Sebaran kecamatan yang terpapar kasus positif ini, diantaranya Kecamatan Koto XI Tarusan sebanyak 3 kasus sebelumnya 2 kasus, dan IV Jurai dengan 1 kasus baru.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera