Polda Sumbar Terapkan Sosial Distancing Dalam Seleksi Penerimaan Bintara

Penandatanganan Pakta Integritas
Penandatanganan Pakta Integritas (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF -- Panitia Penerimaan Polri TA 2020 Polda Sumbar menandatangani Pakta Integritas. Wakapolda Sumbar Brigjend Pol Rudy Sumardiyanto mengatakan penerimaan Bintara kali ini diperuntukan yang memiliki kemampuan khusus di bidang kesehatan atau disebut Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) untuk Bidan dan Perawat.

"Untuk hari ini, tahapan seleksi dimulai penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Penerimaan Terpadu Anggota Polri. Kita ingin penerimaan anggota bersih dan tanpa dipungut biaya," katanya di Mapolda Sumbar, Rabu (8/4/2020).

baca juga: Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik Ketua KPU Sumbar, Polda Sumbar Periksa Rita Sumarni

Rudy menambahkan, sesuai amanat Kapolda Sumbar, salah satunya dalam pelaksanaan seleksi penerimaan anggota, yang melibatkan peserta dengan jumlah cukup besar ditengah wabah virus COVID-19, sehingga terdapat beberapa penekanan yang harus dipahami dan dilaksanakan.

"Yakni, memberlakukan Sosial Distancing dalam seluruh rangkaian pemeriksaan maupun pengujian, dan menjaga jarak antara panitia dan peserta," ujarnya

baca juga: Salut, Bhabinkamtibmas Polres Bukittinggi Bagikan 1 Ton Bawang Merah Hasil Panen ke Masyarakat

"Ini bertujuan meminimalisir kontak fisik antara panitia dengan peserta, peserta dengan peserta, dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi (media streaming/online)," sambungnya.

Rudy melanjutkan, kepada seluruh panitia dan peserta diwajibkan memakai masker. Saat akan melaksanakan tes, dimulai pengukuran suhu tubuh terhadap peserta pada saat akan melaksanakan pemeriksaan dan pengujian pada semua tahapan seleksi.

baca juga: Polda Sumbar Tegaskan Tidak Ada Perlakuan Khusus Bagi Muzni Zakaria

"Selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pemeriksaan," ujarnya lagi.

Rudy menyebutkan, bagi petugas pemeriksa dan penguji yang bersentuhan langsung dengan peserta seleksi, agar menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap berupa masker, kacamata, topi bedah, sarung tangan, dan jubah berbahan khusus," pungkasnya.

baca juga: Bersiap New Normal, Kapolda Sumbar Kunjungi Pasar Raya Padang

Editor: Muhammad Haikal