Dapur Umum Dinsos Payakumbuh Beroperasi Untuk Warga Terdampak COVID-19

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz didampingi Kasi PRJS Finto Hanyani Putra.
Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz didampingi Kasi PRJS Finto Hanyani Putra. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Dapur Umum Dinas Sosial Payakumbuh resmi beroperasi melayani warga Payakumbuh yang terdampak Pandemi COVID-19, Kamis 9 April 2020. Dapur umum ini berada di Pusat Kota Payakumbuh yang terletak di Kawasan Tugu Adipura.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat lakukan pengecekan Dapur Umum Dinas Sosial Payakumbuh mengatakan dapur umum ini sendiri akan difungsikan untuk menyiapkan makanan bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 di Payakumbuh . Ia menjelaskan bahwa per harinya dapur umum ini akan menyediakan sekitar 200 bungkus atau lebih per harinya.

baca juga: Tidak Lagi Digratiskan, Hotel, Restoran dan Tempat Hiburan di Kota Padang Mulai Bayar Pajak

" Dapur umum ini diperuntukkan untuk masyarakat kalangan bawah atau tidak mampu yang terdampak COVID-19. Tujuannya adalah mengantisipasi masyarakat agar tidak ada yang tidak makan di Kota Payakumbuh ini," katanya.

Ia menjelaskan bahwa bagaimanapun Pemko Payakumbuh ingin masyarakat sejahtera dan jangan sampai ada masyarakat yang sampai tidak makan. Kemudian saat ini dapur umum baru tersedia di satu titik yatu Tugu Adipura Payakumbuh .

baca juga: Rumah Ibadah Akan Dibuka Secara Bertahap di Daerah Zona Hijau

"Ke depannya dapur umum ini akan menyasar ke setiap kecamatan yang ada di Payakumbuh . Sehingga diharapkan agar masyarakat tidak ada yang kekurangan terutama terkait memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemudian kami juga tidak menutup diri bagi masyarakat yang berkemampuan untuk ikut berpartisipasi, baik berbentuk makanan atau lainnya," ujar Erwin Yunaz

Secara terpisah Kasi Perlindungan Rehabilitasi Jaminan Sosial (PRJS) Dinsos Kota Payakumbuh Finto Handayani Putra mengatakan yang diutamakan untuk mendapatkan nasi bungkus di dapur umum adalah tukang ojek, tukang parkir dan masyarakat kurang mampu lainnya.

baca juga: Jual Beli Jumat, Harga Emas Naik Tipis

"Rencananya di sini kita laksanakan dua hari, selanjutnya itu kita akan bergerak ke kecamatan-kecamatan yang ada di Payakumbuh ," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri