PDP Corona yang Meninggal di RSUD M Djamil Padang Dimakamkan di Talu Pasbar

Koordinator Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat Edi Busti
Koordinator Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat Edi Busti (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona Virus Disease (COVID-19) meninggal dunia dalam perawatan medis di Rumah Sakit M Djamil Padang, Kamis (9/4/2020) pagi.

"Benar, ada pasien PDP meninggal dunia asal Paroman Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat setelah," sebut Koordinator Satuan Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat Edi Busti.

baca juga: Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

Namun kata dia, pasien tersebut bukan pasien rujukan dari Pasaman Barat, tetapi warga Pasaman Barat yang tinggal di Kota Padang. Pihak nya juga telah menginformasikan kepada Polsek Talamau dan Camat Talamau.

"Kita telah menginformasikan, untuk menyiapkan proses pemakaman sesuai protokol penguburan COVID-19," katanya.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

Edi Busti menjelaskan, pasien bukan pelaku perjalanan namun jika ingin info detail lengkap nya, hubungi posko COVID-19 di Kota Padang. Sedangkan terhadap pasien, langsung diurus oleh pihak Rumah Sakit M Djamil dan kemudian dibawa langsung ke pandam pekuburan sesuai protop COVID-19.

Sementara itu, Camat Talamau, Nur Fauziah Zein mengatakan, pasien akan dikubur di pandam perkuburan Kalewang Paraman Talu. Saat ini sedang mempersiapkan proses penguburan.

baca juga: Bersiap Menuju New Normal, Kafe di Padang Perketat Protokol Kesehatan Untuk Pengunjung

"Warga di Kecamatan Talamau menerima jenazah korban untuk dimakamkan di Paroman Talu, pemakaman pun bersedia untuk mematuhi protokol penyelenggaraan jenazah COVID-19," katanya.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Padang, Gustavianof saat dihubungi membenarkan ada pasien dalam pengawasan COVID-19 meninggal dunia pada Kamis (9/4/2020) pagi.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

"Pasien tersebut telah meninggal dunia dan jenazah akan dibawa ke Talu Pasaman Barat untuk dimakamkan," katanya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri