PDP Asal Padang yang Meninggal di RSUP M Djamil Padang Positif COVID-19

Ilustrasi Ambulance
Ilustrasi Ambulance (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Biro Humas Sumbar Jasman Rizal mengatakan, pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal yang meninggal di RSUP Dr M Djamil Padang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Barusan dapat kabar dari pihak RSUP Dr M Djamil Padang, hasil laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyatakan pasien positif COVID-19 dan meninggal sekira pukul 07.00 WIB tadi pagi," katanya di Padang, Kamis (9/4/3/2020).

baca juga: Penjelasan Ahli Epidemiologi Unand Terkait Positif COVID-19 Tanpa Riwayat Kontak dan Perjalanan

Jasman menambahkan, sekarang tim medis telah melakukan tracking dan isolasi lokasi di kediaman bersangkutan.

"Dengan demikian, telah 3 orang pasien positif meninggal dunia di Sumatera Barat," ujarnya.

baca juga: Pemerintah Akan Terbitkan Protokol Kesehatan bagi Atlet

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Padang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang.

Hal tersebut disampaikan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP Dr M Djamil Padang Gustavianof, Kamis (9/4/2020).

baca juga: Indonesia Gandeng China dan Korea Kembangkan Vaksin COVID-19

"Pasien seorang perempuan, berusia 50 tahun, masuk sejak dua hari yang lalu. Meninggalnya tadi pagi sekira pukul 07.00 WIB," katanya.

Saat masuk pasien tersebut, mengalami gejala seperti batuk, sesak nafas dan demam tinggi. "Swab hidung dan tenggorokan memang sudah kita kirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

baca juga: Polres Sijunjung Serahkan Bantuan 10 Ton Beras ke Masyarakat Terdampak COVID-19

"Rencananya kalau tidak hari ini besok akan keluar hasilnya. Perlu ditegaskan pasien ini belum diketahui apakah positif atau negatif COVID-19," ujarnya.

"Namun untuk antisipasi, penanganan jenazahnya sesuai protap COVID-19 dengan standar Kementrian Kesehatan dan WHO," sambungnya.

Gustavianof menyebut, pasien tersebut akan dimakamkan di Talu, Kabupaten Pasaman Barat.(*)

Editor: Muhammad Haikal