Kabar Baik dari RSUP M Djamil Padang, Satu Pasien COVID-19 Asal Pesisir Selatan Dinyatakan Sembuh

Aswiliarti Saat Keluar Ruangan dan Disambut Suaminya
Aswiliarti Saat Keluar Ruangan dan Disambut Suaminya (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang dinyatakan sembuh. Usai dinyatakan sembuh pasien asal Pesisir Selatan tersebut diperbolehkan pulang hari ini, Kamis (9/3/2020). Diketahui pasien tersebut bernama Aswiliarti, tenaga kesehatan yang bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan .

Ketua COVID-19 RSUP Dr M Djamil Padang Irfan Medizon mengatakan, yang bersangkutan sudah melakukan dua kali tes swab untuk menyatakan hasil laboratorium negatif.

baca juga: DPR : Penerapan New Normal Tetap di Tangan Pemerintah, Bukan Militer

"Beliau merupakan yang pertama terkonfirmasi positif dari laboratorium Unand dan juga yang pertama selesai pengobatannya. Selama melakukan isolasi, pasien diberikan penanganan yang baik dan gizi yang seimbang," katanya di RSUP Dr M Djamil Padang.

Irfan menambahkan, mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi masyarakat bahwa sebenarnya corona itu dapat disembuhkan. "Dengan daya tahan tubuh yang baik, dan motivasi diri itu yang penting," ujarnya.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Irfan melanjutkan, dirinya menghimbau kepada masyarakat, pasien yang sudah bebas dari corona jangan dijauhi, karena tidak mungkin menularkan lagi.

"Sebenarnya pasien sudah bisa langsung bekerja, namun kita minta untuk istirahat dulu agar daya tahan tubuh lebih baik," ujarnya.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 6 Juni, 54,37 Persen Pasien Dinyatakan Sembuh

Direktur Umum, SDM dan Pendidikan RSUP Dr M Djamil Padang, Dovy Djanas mengatakan, pihaknya mengucapkan syukur atas kesembuhan seorang pasien dan diperbolehkan pulang.

"Kita tentu apresiasi terhadap perawat, dokter dan tenaga kesehatan lainnya telah merawat dan mensupport," katanya.

baca juga: Pulang dari Jakarta, Seorang Warga Sungai Geringgiang Pariaman Positif COVID-19

Dovy menambahkan, pesan kami kepada masyarakat untuk menghilangkan stigma kepada pasien.

"COVID-19 bukanlah penyakit kutukan, bukan penyakit karena aib, tetapi pandemi seluruh dunia. Mudah-mudahan masyarakat memahami ini," ujarnya.(*)

Editor: Muhammad Haikal