Polisi Amankan 4 dari 6 Kawanan Pencuri SMPN 30 Padang, Pelaku Anak Dibawah Umur

Kepala Sekolah SMPN 30 Padang Revianti Menunjukkan Pesan yang Ditinggal Pencuri di Papan Tulis
Kepala Sekolah SMPN 30 Padang Revianti Menunjukkan Pesan yang Ditinggal Pencuri di Papan Tulis (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satreskrim Polresta Padang berhasil meringkus 4 dari 6 pelaku pencurian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 30 Padang.

Kasatreskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda mengatakan, pihaknya telah mengamankan pelaku yang mengambil barang berharga di sekolah tersebut.

baca juga: Diduga Hilang Kendali, Pedagang Jeruk Tewas Tabrak Truk Fuso Sedang Parkir di Pasbar

"Pelakunya ada enam orang, tapi hingga saat ini yang baru saja diamankan baru empat orang. Dua orang pelaku yang belum diamankan dan tengah kami buru," katanya di Mapolresta Padang, Kamis (9/4/2020).

Rico menambahkan, yang melalukan pencurian terbilang masih remaja yang berumur 15 tahun, dan bukanlah siswa sekolah SMPN tersebut," ujarnya.

baca juga: Kebakaran di Padang Pariaman, Satu Orang Meninggal Dunia

Rico Fernanda melanjutkan, para pelaku berani melalukan hal tersebut, karena hanya ingin mengambil barang-barang tersebut.

"Kita masih melakukan pengembangan hingga saat," tutur mantan Kapolsek Koto Tangah tersebut.

baca juga: Pria Bertato Peta Indonesia Ikut Rusuh di Demo Kematian George Floyd Viral, Ini Penjelasannya

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, SMP 30 Padang dibobol pencuri. Sejumlah peralatan elektronik senilai puluhan juta berhasil dibawa para pencuri.

Kepala Sekolah SMP 30 Padang Revianti mengatakan, peristiwa tersebut diketahui saat ia memasuki ruangannya, karena buku-buku yang biasa tersusun rapi sudah berantakan. Peristiwa tersebut diperkirakan kejadiannya semalam.

baca juga: Pantai Air Manis Kini Dikelola Perusahaan Umum Daerah

"Saya datang ke sekolah untuk mengambil absen wajah dan selanjutnya melaporkan ke dinas pendidikan. Di ruangan saya mereka berhasil mengambil 1 unit komputer dan hardisk," katanya di SMP 30 Padang, Selasa (7/4/2020) lalu.

Revianti menambahkan, saat mengetahui ruangannya ada pencuri yang masuk ia, sama sekali tidak menyangka bahwa pencuri juga sudah mengobrak-abrik ruangan lainnya.

"Setelah diperiksa dengan seksama ternyata mereka juga masuk ke ruangan guru. Disini mereka membongkar semuanya, mereka mengambil 5 infokus, 1 unit komputer dan 1 unit laptop," ujarnya.

Revianti menyebut, beruntung ruangan komputer untuk ujian berbasis komputer tidak berhasil dicuri.

"Kami disini ada 2 penjaga, mungkin karena ada penjaga di ruangan komputer tersebut jadi mereka tidak berani. Disana ada 30 unit dengan status pinjaman," tuturnya.

"Yang anehnya lagi, pencuri tersebut menuliskan kata 'Maling Berandal' dilanjutkan dengan kata yang tidak pantas lalu membubuhkan tandatangan di papan tulis dengan tulisan 'Pemaling'," pungkasnya kemudian.(*)

Editor: Muhammad Haikal