Kabar Baik, Pasien Pertama Positif COVID-19 di Payakumbuh Dinyatakan Sembuh

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat di salah satu kesempatan.
Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat di salah satu kesempatan. (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -Jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah di Payakumbuh , pasien pertama yang dinyatakan positif dikabarkan sembuh, Kamis 21 Mei 2020. Dialah H. Esa Muhardanil yang diketahui telah melakukan dua kali tes swab dengan hasil negatif.

Pertama diketahui, pesan WhatsApp H. Esa beredar di beberapa gru yang menyatakan dirinya telah dinyatakan sembuh. Dalam unggahan tangkapan layar yang beredar di grup WhatsApp, ia menjelaskan dirinya telah diperbolehkan pulang karena dari dua kali hasil tes swab dinyatakan negatif.

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

"Alhamdulillah, berdasarkan hasil swab terakhir, saya sudah dua kali negatif, makanya udah boleh pulang. Terimakasih kepada doa seluruh pihak," tulis H. Esa.

Secara terpisah, Tim Gugus Tugas COVID -19 Kota Payakumbuh , Wali Kota Riza Falepi melalui Kadis Kesehatan dr. Bakhrizal membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan H. Esa telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Achmad Mochtar Bukittinggi sejak dinyatakan Positif Covid -19 pada 24 April 2020 silam.

baca juga: Telah Lakukan Suntik Meningitis, Keberangkatan 251 CJH Asal Payakumbuh Ditunda ke 2021

"Benar, Pak Haji Esa telah sembuh dan sudah diperbolehkan pulang dimana. Sebaiknya kita sarankan beliau untuk berdiam diri di rumah terlebih dahulu. Kemudian kepada yang sudah sembuh kita ucapkan selamat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal.

Ia menjelaskan bahwa saat ini dari 13 kasus positif di Payakumbuh , tercatat 5 pasien telah dinyatakan sembuh. Beberapa nama yang telah dinyatakan sembuh yaitu H.Dedi, H. Desmon, Masto Muhammad, dan Muhammad Ismail. Menurutnya kini pasien positif tinggal 8 orang dan masih menjalani isolasi dan perawatan secara mandiri dan rumah sakit.

baca juga: Diduga Hilang Kendali, Pedagang Jeruk Tewas Tabrak Truk Fuso Sedang Parkir di Pasbar

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi bersyukur warganya mulai ada yang sembuh dari COVID -19. Sebagai Ketua Tim Gugus Penanganan COVID -19 Kota Payakumbuh , ia terus mengimbau kepada warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID -19.

"Jangan sampai melemahkan pertahanan diri dengan adanya berita warga yang sehat.

baca juga: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Malaysia Hampir 82 Persen

Apalagi, saat ini memasuki suasana lebaran, kami meminta warga mematuhi himbauan pemerintah agar tidak berkumpul-kumpul. Kemudian untuk yang keluar rumah wajib pakai masker serta mengurungkan niat untuk sementara tidak datang ke rumah-rumah teman dan kerabat untuk mengantisipasi terjadinya penularan karena Orang Tanpa Gejala (OTG) sedang banyak," ujarnya.

Melihat kondisi saat ini, ia berharap semoga tidak ada gelombang ke 2 penyebaran COVID -19 di Kota Payakumbuh . Sehingga diharapkan juga agar sebelum lebaran seluruh pasien positif di Payakumbuh dapat segera sembuh.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri