H-3 Jelang Lebaran Idul Fitri, Begini Kondisi Penerapan PSBB di Payakumbuh

Salah seorang warga melihat kondisi Pasar Payakumbuh sore ini, Kamis 21 Mei 2020
Salah seorang warga melihat kondisi Pasar Payakumbuh sore ini, Kamis 21 Mei 2020 (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Memasuki beberapa hari jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah di Payakumbuh , suasana Pasar Payakumbuh semakin ramai. Hal ini tentu bertentangan dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) yang dikeluarkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Hasil pantauan KLIKPOSITIF , Kamis 21 Mei 2020, tampak pasar berjalan seperti biasa. Kendaraan ramai lalu lalang dan parkir kendaraan roda dua berjejar berlapis di bawah kanopi Pasar Payakumbuh .

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Dahler, saat dihubungi anggota Balai Wartawan Luak Limopuluah mengatakan pihaknya setiap hari menugaskan personilnya di Pasar Payakumbuh . Hal ini bertujuan untuk melakukan pengawasan kepada warga dan pengunjung Pasar Payakumbuh yang memadati kawasan pusat perbelanjaan di Kota Payakumbuh tersebut.

"Seluruh pengunjung di pasar kita wajibkan menggunakan masker. Jika tidak menggunakan masker akan langsung disuruh pulang," ujar Dahler.

baca juga: Telah Lakukan Suntik Meningitis, Keberangkatan 251 CJH Asal Payakumbuh Ditunda ke 2021

Kemudian Kepala Satuan Polisi dan Pamong Praja (Satpol PP) Kota Payakumbuh Devitra juga menambahkan bahwa tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Polisi dan TNI setiap harinya juga melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan PSBB . Setiap malam, ia menjelaskan tim gabungan juga melakukan patroli dan razia di berbagai ruas jalan di Payakumbuh .

"Jadi sore atau malam hari kita terus turun ke pusat-pusat keramaian dan pertokoan untuk memastikan pelaksanaan PSBB . Buktinya, hingga kemarin tercatat telah mengamankan sebanyak 20 orang yang tidak mengindahkan imbauan sesuai protokol kesehatan ," katanya.

baca juga: Kabar Baik, Satu Lagi Pasien Asal Lima Puluh Kota Sembuh COVID-19

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri