Idul Fitri di Bukittinggi Tanpa Takbir Keliling, Salat Ied dan Open House

Rumah Dinas Wako Bukittinggi
Rumah Dinas Wako Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF --Pemerintah Kota Bukittinggi memastikan tidak menggelar Salat Ied dan Open House. Keputusan ini diambil di tengah meluasnya penyebaran COVID-19.

Tak digelarnya Salat Ied dan Open House, merupakan hal yang cukup langka karena selama bertahun-tahun Pemko rutin menggelar hajatan tersebut.

baca juga: Dua Labor Periksa 619 Sampel, Warga Sumbar Positif COVID-19 Bertambah 11 Orang per 30 Mei

"Mengingat kita masih berstatus PSBB dan tidak ada yang bisa menjamin orang keluar masuk tidak terpapar COVID-19, maka sesuai kesepakatan bersama kita imbau masyarakat Salat Ied di rumah masing-masing,"ucap Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias lewat rilis yang KLIKPOSITIF terima dari Kabag Humas Pemko Yulman, Sabtu 23 Mei 2020.

Wali Kota mengatakan, penyebaran virus masih terus terjadi dan belum bisa diatasi sepenuhnya sehingga keputusan ini adalah langkah dalam memutus penularan.

baca juga: Kabar Duka, Anggota DPRD Bukittinggi Meninggal Dunia

"Takbiran keliling pun kita tiadakan, kita harap masyarakat bisa memahaminya sebab kita pun dalam masa PSBB," ujarnya.

Untuk memutus mata rantai Covid-19, wali kota mengatakan bahwa peran masyarakat sangat dibutuhkan, untuk itu tidak henti-hentinya diimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan tiap sebentar menggunakan sabun dan apabila tidak ada keperluan jangan keluar tetaplah di rumah saja.

baca juga: Gelar Pilkada di Tengah COVID-19, KPU Pasbar Butuh Tambah Anggaran

Biasanya, Salat Ied rutin digelar di Lapangan Kantin, Open House dilakukan di Rumah Dinas Wali Kota sementara Takbir Keliling rutin dilaksanakan di Jam Gadang.

Sejauh ini, Bukittinggi mengkonfirmasi sebanyak 17 kasus. 9 diantaranya dinyatakan pulih, 1 meninggal dunia dan 7 lainnya masih dirawat.

baca juga: Bukittinggi Buka Pendaftaran Siswa Baru, Ini Jadwalnya

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri