Jumlah Titik Api di Sumatera Meningkat, Riau Terbanyak dengan 49 Persen

" jumlah titik panas di Sumatra pada Jumat, 16 September meningkat sebanyak 14 titik dibandingkan kemaren"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru, Sugarin mengatakan jumlah titik panas di Sumatra pada Jumat, 16 September meningkat sebanyak 14 titik dibandingkan kemaren. Hal ini diketahui dari Satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang mendeteksi 63 titik panas dengan tingkat kepercayaan kebakaran hutan dan lahan lebih dari 50 persen.

"Satelit tersebut mendeteksi 63 titik panaspada delapan provinsi dari total 10 provinsi di Sumatera,"katanya.

Sugarin menjelaskan daratan di Riau, masih merupakan konsentrasi titik panas dengan ditemukan 31 titik panas atau sekitar 49 persen. Sumatera Selatan dengan 15 titik panas, diikuti Sumatera Utara lima titik, Bengkulu, Jambi dan Lampung sama-sama menyumbang tiga titik, Sumatera Barat dua titik serta Bangka Belitung satu titik.

Laporan sebaran titik panas di Sumatera berdasarkan data Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), setelah satelit baik Terra maupun Aqua melakukan pantauan dengan sensor modis. 31 titik panas di Riau tersebar pada tujuh dari total 12 kabupaten/kota yakni Pelalawan dan Rokan Hulu masing-masing terdeteksi tujuh titik.

Lalu di Siak terpantau satelit enam titik panas, Dumai dan Kampar terpantau sama-sama memberi empat titik, Rokan Hilir terdapat dua titik dan Kuantan Singingi satu titik. Terdapat empat kabupaten terdeteksi oleh satelit dengan sembilan titik dari jumlah total titik panas di Riau, merupakan titik api karena memiliki tingkat kepercayaan lebih dari 70 persen atau berpotensi karlahut.

Dia menjelaskan titik api itu berada di Rokan Hulu enam titik terpantau berada di kecamatan yakni Rambah Samo tiga titik, Kabun dua titik dan Ujung Batu satu titik. Sisanya tiga titik lagi terdeteksi di daerah Kandis di Siak, Langgam di Pelalawan dan XIII Koto Kampar di Kampar," terang Sugarin.

Pemerintah Provinsi Riau telah memutuskan untuk memperpanjang status siaga darurat kebakaran ... Baca halaman selanjutnya