Korsleting Listrik, Ruang Server Kantor BMKG Padang Panjang Terbakar

"Saat kejadian, sempat terdengar ledakan dari sebuah alat yang berfungsi sebagai backup asupan listrik."
ilustrasi (ist)

PADANG PANDANG, KLIKPOSITIF -- Sebuah ruangan yang ada di kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Padang Panjang terbakar akibat konsleting listrik pada Rabu 28 September 2016 sore. Saat kejadian, sempat terdengar ledakan dari sebuah alat yang berfungsi sebagai backup asupan listrik.

Kepala BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono mengatakan, ledakan itu berasal dari alat UPS, alat itu sempat mengeluarkan percikan api sebelum meledak. "Begitu ada percikan api, kemudian petugas kami memadamkan listrik kantor. Setelah dipadamkan terdengar ledakan dari alat UPS itu yang kemudian memunculkan api di ruangan server," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu malam.

Api kemudian membesar pada ledakan kedua, untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih besar, pihaknya, sebut Rahmat langsung memadamkan api menggunakan tabung pemadam api yang ada di kantor tersebut.

"Kita coba padamkan dengan pemadam tabung, namun tidak cukup. Api akhirnya bisa dipadamkan setelah ada bantuan dari damkar dan PLN yang langsung memutus arus listrik saat api membesar," sebut Rahmat kemudian.

Terkait kejadian, kantor BMKG Padangpanjang tidak bisa beroperasi untuk beberapa hari kedepan. Terkait informasi cuaca dan iklim kata Rahmat sementara waktu diambil alih oleh kantor BMKG Jakarta.

"Kondisi sudah kondusif, namun saya tadi sudah perintahkan pegawai untuk meninggalkan kantor dan perlatan yang masih bisa digunakan untuk mengantisipasi adanya ledakan susulan. Karena di alat UPS itu masih ada daya yang tersimpan," paparnya.

Rahmat juga mengaku belum bisa memastikan secara rinci kerusakan alat serta kerugian akibat kejadian tersebut.

[Ocky Anugrah Mahesa]