Sumber Api Sulit Dijangkau, Hingga Hari ke-9 Hutan Lembah Harau Masih Terbakar

""Kita masih menghadapi kendala pemadaman karena titik api jauh di puncak. Sehingga mobil kebakaran tidak bisa masuk," ucap Kepala BPBD kabupaten Limapuluh Kota Nasryanto"
Kebakaran yang terlihat di bukit lembah Harau (KLIKPOSITIF/Arya)

50KOTA,KLIKPOSITIF-- Kebakaran hutan lindung di objek wisata lembah Harau, memasuki hari yang ke-9 namun api belum bisa dipadamkan. Hingga saat ini BPBD kabupaten Limapuluh Kota masih terkendala lokasi titik api yang sulit dicapai.

"Kita masih menghadapi kendala pemadaman karena titik api jauh di puncak. Sehingga mobil kebakaran tidak bisa masuk," ucap Kepala BPBD kabupaten Limapuluh Kota Nasryanto Selasa, 4 Oktober 2016.

Nasryanto mengatakan untuk Kabupaten Limapuluh Kota titik api tersebar di sejumlah titik. Di antaranya di kawasan Lembah Harau, Bukik Limbuku, Taram, Jorong Toreh, Nagari Andaleh, Subarang Aia, Ngalau Lareh, Kapur lX, dan Pangkalan.

" Saat ini ada lebih kurang 9 titik api. Namun lahan yang terbakar yaitu perkebunan karet dan Hutan lindung," kata Nasryanto.

Warga Harau Eli mengatakan tadi malam kobaran api di Lembah Harau sangat besar sehingga membuat sejumlah warga ketakutan. Hingga saat ini. BPBD Limapuluh Kota masih mengupayakan pemadaman api dengan alat seadanya.

[Arya Irfanus]