Waspada, 5 Kabupaten dan Kota di Sumbar Berpotensi Banjir Bandang

"Sumbar masuk dalam salah satu dari 8 provinsi di Indonesia berpotensi terjadi banjir bandang"
Longsor yang terjadi di kawasan Panorama 2, Padang beberapa waktu lalu. (KLIKPOSITIF/Agoes Embun)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala BPBD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Nasridal Patria mengatakan, ada 5 kabupaten/kota di Sumbar berpotensi terjadi banjir bandang dan tanah lonsor selama musim hujan di tahun 2016 ini.

Potensi banjir bandang dan tanah longsor ini mengarah pada wilayah Sumbar bagian utara yakni Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Tanah Datar, Kota Padang Panjang dan Bukittinggi. Ia menjelaskan, Sumbar masuk dalam salah satu dari 8 provinsi di Indonesia berpotensi terjadi banjir bandang dan longsor selama musim hujan tahun ini.

"Data itu baru saja kami terima melalui surat resmi Kementerian ESDM RI Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pagi ini," ungkap Nasridal.

Surat dikirim dalam satu berkas yang bersifat segera itu berisi tentang peningkatan kewaspadaan terhadap gerakan tanah dan banjir bandang yang ditujukan kepada Gubernur Sumbar. Dalam surat tersebut masyarakat diminta waspada jika mengetahui adanya material longsor yang alur sungai dan agar dilakukan pembobolan bending tersebut secara perlahan.

Untuk itu, BPBD Sumbar akan berkodinasi dengan BPBD Kabupaten dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat yang berada dikawasan berpotensi banjir bandang dan tanah longsor. “Kita akan sikapi dengan serius, karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak,” tutup Nasridal. (*)

Berikut nama-nama kecamatan berpotensi banjir bandang di Sumbar:
Kabupaten Agam terdapat enam kecamatanKecamatan Ampek Nagari, Banu Hampu, Baso, IV Angkek dan Lubuk Basung.
Kabupaten Padang Pariaman di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Batang Anai, Enam Lingkung, Lubuk Alung, Padang Sago, Batang Gasan, Sungai Garinggian, V Koto kampung dan VII Koto Sungai Sariek.
Kabupaen Tanah Datar di Kecamatan Sepuluh Koto, Batipuh, dan Batipuh Selatan
Kota Bukittinggi berada di kecamatan Aur Birugo dan Kecamatan Tigo Baleh.
Kota Padang Panjang berada di Kecamatan Bukit Padang, Padang ... Baca halaman selanjutnya