Ditinggal Penjaga Makan Malam, Gudang Gambir di Pessel Terbakar

"Api menghanguskan hampir keseluruhan isi gudang itu"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Zulkifli)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sebuah gudang gambir di Kampung Tarandam Siguntur Kenagarian Siguntur Tuo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terbakar pada Senin 24 Oktober 2016 malam.

Api menghanguskan hampir keseluruhan isi gudang itu. Salah seorang warga setempat, Robi (28) kejadian itu diketahui warga sekitar pukul 19:30 WIB.

Mengetahui kejadian itu warga langsung melaporkan kejadian itu pada petugas pemadam kebakaran dan kemudian membantu memadamkan api dengan air sumur yang ada di sekitaran gudang tersebut.

"Melihat api membesar warga kemudian berinisiatif membantu pemadaman menggunakan ember dan air sumur yang ada di sekitaran gudang," kata Robi.

Warga yang membantu pemadaman itu kesulitan memadamkan api karena sumber berada di lokasi yang cukup tinggi, "Apinya membakar bagian atap gudang, kami kesulitan memadamkan api karena lokasinya cukup tinggi," ujar Robi.

Kejadian itu juga mengundang perhatian warga dan pengendara yang melintas di Jalur Lintas Bagian Barat Sumatera tersebut, akibatnya lalu lintas di kawasan itu macet dan menghambat satu unit Pemadam Kebakaran dari BPBD Pesisir Selatan untuk menjangkau lokasi.

"Lokasinya cukup jauh, tambah lagi lalu lintas macet karena warga yang melihat peristiwa itu. Personel kami sampai di lokasi setelah api padam," sebut Kabid Damkar BPBD Pessel Yefrizal.

Sementara itu pimilik gudang gambir, Muhammad Radias mengaku kebakaran itu terjadi saat petugas penjaga meninggalka gudang untuk makan malam. Menurutnya api berasal dari sebuah alat pengeringan gambir.

"Penjaga sedang tidak berada di tempat saat api membakar gudang," ungkapnya.

Akibat peristiwa itu, Radias mengalami kerugian ratusan juta Rupiah atas kerusakan peralatan operasional gudang serta puluhan ton gambir yang hangus dilahap si jago merah.

[Kiky Julnasri Priatama]