Pelaku UMKM di Sumbar akan Diberi Domain Gratis Untuk Promosi Produk

"Promosi lewat internet sangat positif, karena pasarnya lebih besar"
Ilustrasi toko online (Kriminalitas)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumbar Amran mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat (Sumbar) memanfaatkan media online sebagai wadah mempromosikan produk mereka.

Hal itu dinilai bisa meningkatkan pendapatan pelaku UMKM. "Promosi lewat internet sangat positif, karena pasarnya lebih besar," ungkapnya Selasa 25 Oktober 2016 di Padang.

Dia menjelaskan, pelaku UMKM bisa memanfaatkan program sejuta domain yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. Pelaku UMKM mendapatkan domain secara gratis guna membuat website untuk mempromosikan produknya.

Domain gratis itu diberikan selama satu tahun dan bisa diperpanjang tahun berikutnya secara mandiri, bila dirasakan manfaatnya. Selain membantu UMKM mempromosikan produknya secara online, program itu juga membantu pemerintah meningkatkan transaksi online pada 2020 mencapai Rp 1.800 triliun.

Berdasarkan kajian Kementerian Komunikasi dan Informasi, menggunakan internet, Peningkatan pendapatan bisa mencapai 26 persen. Hingga saat ini telah ada 500 pelaku usaha yang mendapatkan sosialisasi terkait program itu dan sebagian langsung membuat website untuk mempromosikan usahanya.

Apalagi program satu juta domain akan dilanjutkan dan ditargetkan tercapai pada 2018 dengan pembagian 350 ribu domain tahun 2016, 350 ribu domain pada 2017 dan tahun 2018 ada 300 ribu domain. Kapasitas tiap domain yang diberikan pada pelaku usaha sebesar 100 megabyte.

Untuk sosialisasai program penggunaan online Pelaku usaha UMKM bisa berkonsultasi dengan Dinas Kominfo atau Dinas UMKM di kabupaten dan kota untuk mendapatkan informasi lengkap tentang program tersebut, sekaligus belajar cara mendaftarkan usaha mereka agar bisa bergabung dalam program tersebut.

"Sosialisasi telah kami lakukan di Padang Panjang, Tanah Datar dan Bukittinggi. Ke depan akan dilakukan di Limapuluh Kota," kata ... Baca halaman selanjutnya