Kedai Penyedia BBM Pertamini di Padangpanjang Ini Terbakar

"tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Padangpanjang yang diterjunkan ke lokasi mengakhiri perlawanan 'Si Gulambai' yang sempat mengganas"
Kebakaran Pertamini di Padangpanjang. (KLIKPOSITIF/Yansen)

PADANGPANJANG, KLIKPOSITIF -- Diduga akibat hubungan arus pendek listrik, satu unit kedai semi permanen yang terletak di RT 19 No.11, Kelurahan Balai-balai, Kecamatan Padangpanjang Barat, Padangpanjang-Sumbar hangus terbakar dilalap si jago merah.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian yang dilaporkan masyarakat terjadi pada Kamis 27 Oktober 2016 pukul 03.20 WIB tersebut. Cepatnya kobaran api menjalar dan membakar seisi kedai yang menjual barang kebutuhan harian yang dilengkapi Pertamini itu.

Api baru diketahui oleh warga setelah asap hitam berwarna kemerahan membumbung tinggi ke angkasa. Teriakan panik kebakaran sahut-bersahut oleh masyarakat terlebih yang tinggal disebelah TKP, spontan membangunkan warga sekitar yang langsung berlarian ke tempat kejadian guna memberikan pertolongan pertama dengan peralatan seadanya.

Setelah mendapat laporan warga, tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Padangpanjang yang diterjunkan ke lokasi mengakhiri perlawanan 'Si Gulambai' yang sempat mengganas.

Didukung peralatan lengkap, hanya dalam tempo singkat (kurang dari 30 menit setiba petugas Damkar di lokasi), tepatnya pukul 03.45 WIB, api akhirnya berhasil dipadamkan. Diperkirakan kerugian kedai harian plus Pertamini milik Hakim (36) itu berkisar Rp15 juta dan hingga berita ini diturunkan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Arpan SH, Kepala Dinas Koperindag Kota Padangpanjang kepada KLIKPOSITIF di kantornya Kamis pagi mengatakan, perizinan Pertamini masih perlu evaluasi. Dalam peraturan BPH Migas (Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas) yang tertuang dalam Per-BPH Migas No. 6 tahun 2015 mengenai pendistribusian BBM bagi daerah yang belum ada penyalur.

"Kita akan segera mengevaluasi perijinan usaha tersebut secepatnya, sebelum jatuh korban dan dampak yang lebih luas seperti kebakaran kedai harian plus kios pertamini yang terjadi malam tadi," tuturnya.

Dimana, salah satu titik tekannya ... Baca halaman selanjutnya