Ombudsman Evaluasi Pelaksanaan Ujian Nasional SMA di Padang

"Ombudsman menemukan 42 lembar kunci jawaban yang beredar di 10 sekolah di Kota Padang"
Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumatera Barat mengevaluasi pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA di Padang (http://ujiannasional.org/)

KLIKPOSITIF - Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumatera Barat mengevaluasi pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA di Padang. Ombudsman menemukan 42 lembar kunci jawaban yang beredar di 10 sekolah di Kota Padang.

Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumbar Yunafri mengatakan, kunci jawaban itu ditemukan di tempat yang bervariasi, salah satunya di tong sampah dan toilet sekolah.

"Selama pelaksanaan Ujian Nasional kami menemukan kunci jawaban beredar di dalam lingkungan sekolah," katanya pada KLIKPOSITIF, Kamis 14 April 2016.

Temuan kunci jawaban Ujian Nasional itu sebutnya juga disaksikan oleh pihak sekolah. Namun saat ditelusuri asal kunci jawaban itu, Yunafri berpendapat siswa mendapatkannya dengan cara berantai.

"Saat kami coba tanyai dengan siswa, mereka mengaku mendapatkan kunci jawaban itu dari teman-temannya satu sekolah. Sepertinya kunci ini beredar secara berantai," jelasnya.

Ombudsman menduga peredaran kunci itu berawal dari sebuah pesan siaran yang dikirimkan pada siswa. Dari pesan siaran melalui telepon genggam itu, siswa menyebarkannya dalam bentuk fisik kertas pada siswa yang lain.

"Namun kami tidak menemukan oknum yang pertama kali menyebarkan kunci jawaban melalui pesan siaran itu. Pihak sekolah sudah menyita sejumlah telepon genggam milik siswa yang menerima pesan siaran itu untuk kepentingan penelusuran," jelasnya.

Sebanyak 42 lembar kunci jawaban itu ditemukan di SMA 10 Padang, SMA 1 Padang, MAN 3 Padang, SMA 12 Padang, SMA 3 Padang, SMA 6 Padang, SMA 4 Padang, SMK 2 Padang, SMK 6 Padang, MAN 1 Padang, dan kawasan Simpang Haru.

[Ocky Anugrah]