Sawahlunto Raih National Procurement Award 2016

"Penghargaan ini menjadi simbol bahwa Kota Sawahlunto memiliki komitmen terhadap regulasi yang ada"
Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf menerima reward. (istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Kota Sawahlunto meraih penghargaan National Procurement Award 2016 atas komitmennya dalam mengimplementasikan Layanan Pengadaan Surat Elektronik (LPSE) sesuai dengan standar 2014.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Sawahlunto Ali Yusuf dari Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Prabowo, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LPSE 2016 di Balai Kartini Jakarta Kamis, 3 November 2016.

"LPSE sendiri sebuah system pendukung proses pengadaan secara elektronik, yang bisa menjamin transparansi dalam pelaksanaan tender atau lelang di instansi pemerintah," ujar Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf.

Sawahlunto meraih penghargaan ini untuk kategori Komitmen Penerapan 17 Standar LPSE 2014, diantaranya Standar Kebijakan Layanan, Pengorganisasian, Pengelolaan Aset dan Pengelolaan Risiko dan lainnya. Persiapan untuk meraih National Procurement Award telah dimulai sejak tahun 2014 dengan berbagai upaya.

"Penghargaan ini menjadi simbol bahwa Kota Sawahlunto memiliki komitmen terhadap regulasi yang ada serta komitmen dalam menjamin transparansi dalam pengadaan barang dan jasa di kota kami," kata Ali Yusuf.

Lebih lanjut Ali Yusuf mengatakan, dengan penghargaan ini Sawahlunto diharapkan terus melakukan inovasi dalam pengelolaan LPSE, sehingga efisiensi anggaran sebagai salah satu goal keberadaan LPSE juga tercapai. Keberadaan LPSE untuk meningkatkan daya saing diantara penyedia layanan juga akan tercapai.

LPSE Sawahlunto sendiri didirikan tahun 2010, namun hingga 2013 masih dalam kapasitas sebagai LPSE Service Provider dengan menggunakan LPSE Provinsi Sumbar untuk proses lelang. Namun sejak 2014, telah berubah menjadi LPSE Sistem Provider, sehingga proses lelang sudah dilaksanakan sendiri.

"Sejak tahun 2014, LPSE Sawahlunto sudah mengadakan proses lelang sekitar 321, dimana untuk tahun 2016 ini sudah mencapai kurang lebih 90 lelang , mulai dari ... Baca halaman selanjutnya