Kenapa Pesawat Ini Tak Pernah Bawa Penumpang Selama 27 Tahun?

"Baltia, yang belum menerima pemasukan sejak awal, memiliki utang lebih dari $ 119.000.000 pada bulan Maret tahun ini."
Maskapai penerbangan Baltia. (YOUTUBE/DEEPSPRINGER2)

KLIKPOSITIF - Baltia Airlines, sebuah maskapai penerbangan AS yang didirikan pada tahun 1989 ternyata tidak pernah melakukan penerbangan komersial selama 27 tahun ini.

Maskapai ini menawarkan diri menjadi satu-satunya penerbangan non-stop dari New York ke St Petersburg , serta paket liburan, program frequent flier dan layanan concierge, tetapi belum membawa satu penumpang pun hingga saat ini. Baltia Airlines diketahui masih menunggu persetujuan operasional dari Federal Aviation Administration (FAA), setelah 27 tahun.

Menurut Michigan Radion, maskapai itu telah gagal menjalani evaluasi FAA sebanyak tujuh kali! Hal ini diakibatkan masalah dengan penyebaran slide pesawat. Baltia Airlines dinilai harus memindahkan operasionalnya ke Michigan karena tampaknya lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan FAA dibanding di New York.

Baltia Airlines, yang belum menerima pemasukan sejak awal, memiliki utang lebih dari $ 119.000.000 pada bulan Maret tahun ini. Maskapai berbasis di New York ini berharap untuk menjadi "perusahaan penerbangan terkemuka AS di pasar Trans-Altantic", menawarkan koneksi antara kota-kota besar di Amerika Serikat dan Eropa ketika didirikan. Pihak maskapai berharap mulai beroperasi tahun lalu. Tapi pada bulan Maret tahun ini, mereka mengumumkan juga akan menghentikan rencana mengoperasikan pesawat Boeing 747 itu.

Maskapai ini menambahkan akan mencoba menyewa pesawat yang lebih baru, yang hemat bahan bakar sehingga lebih memudahkan dalam memperoleh sertifikasi.

Sumber: Telegraph.co.uk