Ini Kronologis Terbakarnya Kapal Pesiar di Perairan Bungus

"awak kapal melihat ada percikan api di mesin kapal dan mereka mencoba menyiram api itu dengan air"
Kapal pesiar terbakar di perairan Bungus. (Humas Basarnas Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kebakaran kapal pesiar KM Lautan India di perairan Bungus, Kota Padang-Sumbar berawal saat kapal tersebut akan bersandar di pelabuhan, Sabtu 5 November 2016 petang.

"Saat kapal akan bersandar, awak kapal melihat ada percikan api di mesin kapal dan mereka mencoba menyiram api itu dengan air," ujar Wadir Pol Air Polda Sumbar, AKBP A Azas Siagian melalui Kasi Lidik Pol Air Polda Sumbar, Kompol T Harefah.

Saat mencoba memadankan api dengan menyiramnya dengan air, ternyata api semakin membesar dan melahap bagian belakang badan kapal. "Saat mereka menyiram dekat mesin itu api membesar dan mereka melompat ke laut," sambung Wadir seperti pengakuan para ABK.

Hingga saat ini, tidak ada hal yang bisa dilakukan oleh pihak kepolisian dan Damkar selain menyaksikan kapal KM Lautan India tersebut hangus dilahap si jago merah. "Saat ini kita tidak bisa berbuat apa-apa karena jarak pantai ke kapal itu mencapai 2 mil dan api juga semakin besar," sambungnya.

Saat ini, kapal tersebut sudah dipastikan hangus terbakar dan hanya akan meninggalkan puing-puing saja. "Kita memperkirakan kerugian mencapai Rp 2 miliar," tutupnya.

[Halbert Chaniago]