Ombudsman Sumbar: Soal Temuan Kunci UN SMA Dilaporkan ke Polisi

"Laporan ini akan diteruskan ke polisi, namun selain itu laporan ini akan menjadi bahan evaluasi pula bagi Ombudsman pusat ke Kementerian Pendidikan RI"
ilustrasi

KLIKPOSITIF - Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar Yunafri mengatakan pihaknya meneruskan hasil kunci jawaban Ujian Nasional tingkat SMA di 10 sekolah di Kota Padang pada kepolisian. Dia mengatakan laporan temuan itu menjadi landasan penyelidikan unsur pidana terkait beredarnya kunci jawaban tersebut.

"Laporan ini akan diteruskan ke polisi, namun selain itu laporan ini akan menjadi bahan evaluasi pula bagi Ombudsman pusat ke Kementerian Pendidikan RI," katanya pada KLIKPOSITIF.

Ia mengatakan pelaporan itu bersifat koordinasi, namun selain itu ia berharap agar permasalahan kunci jawaban ini juga menjadi perhatian dari pemerintah daerah. Ia berharap agar Gubernur Sumbar mengevaluasi pelaksanaan Ujian Nasional dari sisi kepanitiaannya. Karena panitia Ujian bertanggung jawab terkait adanya kebocoran kunci jawaban ini.

"Gubernur harus serius mengevaluasi pelaksanaan UN dengan stakehokder terkait, karena kebocoran kunci ini merupakan masalah di kepanitiaan," katanya.

Selain itu ia meminta agar Dinas Pendidikan mengevaluasi temuan kunci di 10 SMA di Kota Padang. "Kebocoran kunci jawaban telah menciderai proses pelaksaan ujian, ini adalah tugas Dinas Pendidikan untuk mengevaluasi pengawasan dan pelaksanaan ujian di 10 sekolah itu," katanya.

(Ocky Anugrah)