Besok, Operasi Zebra 2016 Resmi Digelar

"Operasi tersebut akan dilaksanakan mulai 16 November hingga 29 November 2016 mendatang"
ilustrasi razia polisi. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Besok, Operasi Zebra Siak 2016 akan segera digelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 13 hari. Operasi tersebut akan dilaksanakan mulai 16 November hingga 29 November 2016 mendatang.

"Operasi ini dilakukan agar bisa menimalisir angka kecelakaan serta munculnya kesadaraan masyarakat dalam tata tertib berlalu lintas," ujar Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Hamidi.

Oleh karena itu, dia berharap agar masyarakat bisa mematuhi aturan lalu lintas yang telah ditetapkan dalam Undang-undang. "Bagi masyarakat diharapkan untuk melengkapi surat dalam berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta kelengkapan berkendara," lanjutnya.

Menurutnya, faktor rentannya kecelakaan lalulintas diakibatkan para pengendara itu sendiri yang tidak mematuhi aturan. Dengan operasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat meningkat dalam mematuhi aturan lalulintas.

"Selain itu, operasi ini juga dalam rangka persiapan anggota dalam operasi menjelang tahun baru mendatang," tambahnya.

Untuk personel sendiri, Polresta Padang sudah menyiapkan 30 orang personel untuk melaksanakan Operasi Zebra 2016 tersebut. Mereka akan melakukan razia dengan sistem mobilitas (terus bergerak).

"Kita akan laksanakan razia kali ini dengan sistem hunting dan tidak ada anggota yang hanya berdiri di satu posko saja, harus mobile," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas terkait dalam menyukseskan operasi tersebut. "Kita telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan untuk bisa melihat keabsahan kendaraan tersebut dan jika kendaraan tersebut tidak lengkap, kita akan langsung tindak," tutupnya.

[Halbert Chaniago]