BPBD Sumbar: Waspada Bencana Hidrometeorologi

"Hujan yang datang tiba-tiba dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Sumatera Barat"
ilustrasi hidrometeorologi (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemarau basah akan terjadi di akhir tahun 2016 sampai Bulan Februari tahun 2017. Hujan yang datang tiba-tiba dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Sumatera Barat.

Menyikapi hal itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengeluarkan peringatan ke seluruh daerah, karena iklim kemarau basah rawan memicu bencana hidrometeorologi, seperti banjir longsor, abrasi dan pergerakan tanah. Bahkan BNPB memperkirakan, jumlah bencana hidrometeorologi pada kurun waktu dimaksud akan meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Rumainur mengatakan, menyikapi perkiraan peningkatan bencana hidrometeorologi, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno telah mengirim surat ke seluruh kabupaten/kota untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

“Seluruh pemerintah kabupaten/kota diminta siaga, bahkan hingga ke tingkat terendah, sampai kecamatan dan desa/nagari. Surat Gubernur telah dikirim pada 25 November lalu,” ungkapnya di Padang, Minggu 4 Desember 2016.

Rumainur menjelaskan, di pertengahan tahun 2016, potensi banjir longsor akibat hujan deras rentan terjadi di wilayah Tanah Datar, Bukittinggi, Agam dan Padangpanjang. Namun, potensi banjir longsor di Sumatera Barat pada periode November 2016 sampai Februari 2017, diperkirakan meluas di seluruh wilayah Sumatera Barat.

“Seluruh daerah di Sumatera Barat punya potensi bencana banjir longsor. Yang minim bencana kemungkinan Payakumbuh dan Sawahlunto. Kalau Sawahlunto ada potensi pergerakan tanah,” paparnya.

Menyikapi hal itu, masyarakat yang tinggal di daerah rawan diimbau supaya meningkatkan kesiapsiagaan dan mengevakuasi diri jika hujan lebat terus mengguyur dalam waktu yang cukup ... Baca halaman selanjutnya