Longsor Susulan, Malalak-Sicincin Kembali Terputus

"Pagi tadi sekitar pukul 04. 30 WIB kembali terjadi longsor,"
longsor yang terjadi di Malalak (ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Ruas jalan Sicincin-Malalak tepatnya di Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak Kabupaten Agam-Sumbar kembali tidak bisa dilalui. Longsor susulan yang terjadi Senin 5 Desember 2016 menutup badan jalan.

"Pagi tadi sekitar pukul 04. 30 WIB kembali terjadi longsor," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Yunaidi pada KLIKPOSITIF, Senin 5 Desember 2016.

Yunaidi menyebut, hingga siang ini jalan Malalak-Sicincin belum bisa dilalui. Petugas gabungan dari PU, BPBD, Polisi, TNI dan masyarakat masih melakukan pembersihan material longsor.

"Proses pembersihan terkendala karena hujan masih belum reda. Kondisi ini membuat lokasi rawan terjadi longsor susulan," ujarnya.

Untuk sementara, pengendara yang melewati jalan ini harus berputar arah. "Pengendara yang dari arah Balingka harus berputar arah. Sedangkan yang dari arah Sicincin bisa mengambil jalan alternatif ke Tiku atau Padangpariaman," Yunaidi menjelaskan.

Sebelumnya, pada Sabtu 3 Desember 2016, longsor menghantam wilayah itu t dengan ketinggian material longsor mencapai 6 meter dan menutupi ruas jalan sepanjang 35 meter. Satu tiang listrik juga tumbang akibat longsor itu.