MenPAN-RB: ASN Itu Jangan Melek IT dan Utamakan Pelayanan

"Pertama adalah semangat kewirausahaan dan kedua adalah semangat untuk melayani"
MenPAN-RB, Asman Abnur menandatangi SK pengurus IKA Unand periode 2016-2020. (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengharapkan setidaknya harus ada dua hal yang akan ditanamkan pada ASN. Pertama adalah semangat kewirausahaan dan kedua adalah semangat untuk melayani.

Dia menyebut, semangat kewirausahaan yang harus dimiliki meliputi tidak gampang menyerah, inovatif, kompetitif dan selalu ingin memberikan nilai tambah yang besar.

"Kalau misalkan ASN Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan tidak kita hitung, maka 60% ASN kita hanya ahli di bidang administrasi saja, hanya bisa jadi juri ketik saja," katanya usai pelantikan pengurus IKA Unand, Minggu.

Hal kedua yang akan ditanamkan pada ASN adalah semangat melayani. Tidak boleh lagi aparatur sipil negara itu menjadi penguasa, merasa menjadi pejabat dan harus mempunyai sifat melayani.

"ASN tidak boleh lagi terkotak-kotak dan harus menjunjung profesionalitas dan tidak terpengaruh dengan urusan politik," paparnya.

Ia menegaskan, ASN harus menjadi pegawai profesional dan jika ingin ikut berpolitik, maka jangan menjadi ASN. Menurutnya, ASN harus menjadi motor pertama sebagai perekat Nasional. Dia mencontohkan, sebanyak 2.000 lulusan IPDN tahun ini tidak kembali ke daerah asal tetapi ditempatkan di berbagai provinsi.

"Orang Papua bisa bekerja di Padang, orang Aceh bisa bekerja di Papua. ASN sebagai perekat pemersatu bangsa," ujarnya.

Selain itu, ada beberapa hal penting yang saat ini perlu dilakukan untuk memperbaiki birokrasi Indonesia dan meningkatkan profesionalisme ASN. Pertama perbaikan pelayanan publik dan kedua seluruh aktifitas pemerintahan daerah harus berbasis elektronik (e-government). Ini menjadi poin penting untuk majunya birokrasi.

Penerapan sistem IT sudah tidak bisa ditawar lagi dan pelayanan ASN sudah tidak boleh lagi dengan konvensional. "Jika kita tidak mulai menggunakan IT maka indonesia akan tertinggal dari negara tetangga yang ... Baca halaman selanjutnya