Pemkab Payakumbuh Minta Penderita Gangguan Jiwa Tidak Dipasung

"Setidaknya ada 23 penderita gangguan jiwa yang dipasung, tersebar di 13 kecamatan."
Rumah Sakit Jiwa

KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota meminta warga tidak memasung penderita gangguan jiwa tapi memberikan penanganan medis. Pernyataan ini muncul menyusul dilepaskannya rantai yang mengikat kedua kaki seorang warga di daerah itu oleh Bupati Limapuluh Kota pada Jum'at untuk kemudian mendapatkan penanganan di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB Saanin Padang.

"Mulai sekarang hindari memasung warga yang mengalami gangguan jiwa tapi berikan penanganan medis," ucap Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan Mingu, 17 april 2016.

Menurutnya, memasung penderita gangguan jiwa tidak akan menyembuhkan mereka namun malah dapat memperparah keadaan. Selain kurang efektif, tindakan itu juga melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).

Berdasarkan data Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) setempat, setidaknya ada 23 penderita gangguan jiwa yang dipasung, tersebar di 13 kecamatan.

Sebagian dari mereka telah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. HB Saanin Padang dan jika telah sembuh maka akan dibawa ke Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Dharma Guna Bengkulu untuk mendapatkan pembinaan keterampilan.

"Di lembaga tersebut, penderita gangguan jiwa ini akan dikontrol secara periodik oleh pihak rumah sakit," katanya.

[Arya Irvanus]