Kapolda: Tempat Ibadah Jadi Prioritas Pengamanan Operasi Lilin 2016

"operasi lilin tersebut nantinya akan dilakukan selama 10 hari dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017"
Kapolda Sumbar, Brigjend Pol Basarudin. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Operasi Lilin 2016 yang dilakukan untuk pengamanan hari Natal dan Tahun Baru rutin digelar setiap tahunnya. Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Basarudin memerintahkan jajarannya untuk terfokus pada beberapa hal, terutama pengamanan terhadap tempat ibadah.

"Operasi lilin 2016 ini nantinya akan difokuskan pada pengamanan terhadap tempat, orang dan juga kegiatan yang ada selama waktu yang telah ditentukan," ujarnya.

Dia mengatakan, operasi lilin tersebut nantinya akan dilakukan selama 10 hari dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017. Menurutnya, pihak keamanan akan tetap berjaga-jaga karena kondisi NKRI yang belakangan ini tidak terlalu kondusif, baik itu kondisi politik, ekonomi maupun sosial budaya.

"Beberapa waktu yang lalu terjadi sejumlah kejadian yang tidak diduga, bom di Bekasi dan daerah lainnya, kemudian aksi penyerangan terhadap anak-anak di NTT. Untuk itu, tetap bersiaga untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan," lanjutnya.

Dia beranggapan bahwa sejauh ini Sumbar masih tergolong aman dibanding beberapa Provinsi lainnya di Indonesia, akan tetapi semua pihak terkait harus tetap waspada dan bersinergi untuk pengamanan kali ini.

“Kita akan terus waspada dan melakukan pengamanan terhadap lokasi peribadatan pada Natal dan perayaan Tahun Baru nanti,” tutupnya.

[Halbert Chaniago]