Rombongan ini Kagetkan Pengunjung Jam Gadang

"Rombongan ini berwajah penuh corengan putih"
Aksi para mahasiswa ISI Padangpanjang di Jam Gadang Bukittinggi, Sabtu (17/12/2016) (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Pengunjung Jam Gadang Bukittinggi sontak dikejutkan suara dentuman kencang dari Gong dan Canang yang ditabuh bertalu-talu. Tak lama berselang, datang ratusan orang dari segala penjuru dengan wajah penuh corengan putih memenuhi Jam Gadang, Sabtu 17 Desember 2016 malam.

Ratusan orang itu, berhamburan dan membentuk formasi,  seakan tengah mengepung sesuatu dengan memainkan berbagai jenis musik yang begitu apik.

Aksi ini merupakan bagian dari tugas akhir mahasiswa Pasca Sarjana Program Penciptaan Musik Nusantara Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dengan judul karya ‘Badunie’.

“Kami terinspirasi dari fenomena buru babi yang begitu merakyat di Minangkabau,” ucap salah satu koordinator, Fajar Vadra.

Fajar mengatakan, aksi dimulai dari RM Familiy Benteng yang dilanjutkan ke Simpang Kangkuang dan finish di Jam Gadang.

“Buru babi merupakan aktifitas yang masih terpelihara dengan baik dan diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Namun, dibalik aktifitas ini, terdapat suatu perilaku yang kuat bagi masyarakat yang fanatik terhadap aktifitas buru babi yaitu perilaku Badunie,” terang Fajar.

Aksi yang diikuti lebih dari 200 mahasiswa ISI ini membuat para penonton terpukau. Terlebih saat mereka memainkan beraneka jenis musik Nusantara yang membuat mata enggan berkedip.

“Jadi saat semuanya sudah terpusat di Jam Gadang, kami masuki area itu dengan menyebar dan berkumpul di suatu titik untuk melakukan puncak aksi teatrikal musik, seperti Flash Mob. Ini sebuah kejutan bagi pengunjung,” tambah Fajar.

Saking apiknya penampilan dari mahasiswa ISI ini, banyak penonton yang memberikan standing aplaus yang begitu meriah bagi pertunjukan yang dimulai dari pukul 20.00 hingga 21.00 WIB itu.

“Saya belum pernah melihat aksi ini sebelumnya. Mereka, berhasil ... Baca halaman selanjutnya