Pokdakan Sakato Rao Selatan Wakili Sumbar Dalam Lomba KPIAT Tingkat Nasional

"Bupati berharap Pokdakan Sakato bisa memberikan motivasi dan semangat kepada Pokdakan dan kelembagaan perikanan di Kabupaten Pasaman khususnya, Sumbar pada umumnya. "
Bupati Pasaman Yusuf Lubis Menyerahkan Hadiah Kepada Ketua Pokdakan Rao Selatan (Man St Pambangun/KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Sakato Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman mewakili Sumatera Barat dalam lomba kelembagaan pembudidayaan ikan air tawar (KPIAT) tahun 2016.

Perstasi tersebut diraih kelompok Sakato, setelah berhasil menjadi yang terbaik di Sumbar dalam lomba KPIAT yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar pada 2015 lalu.

"Pokdakan Sakato Pasaman akan mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam lomba yang diselenggarakan oleh Ditjen Perikanan Budidaya-Kementerian Perikanan dan Kelautan RI tahun 2016 ini," kata Yusuf.

Bupati berharap Pokdakan Sakato bisa memberikan motivasi dan semangat kepada Pokdakan dan kelembagaan perikanan di Kabupaten Pasaman khususnya, Sumbar pada umumnya. Saat ini, tambahnya, Kabupaten Pasaman telah mempunyai sentra budidaya perikanan air tawar yang diterdapat di Rao Selatan, Rao, Panti dan Padang Gelugur.

“Kabupaten Pasaman memiliki potensi yang besar untuk pengembangan budidaya perikanan, khususnya ikan mas, nila dan lele,” ungkapnya.

Ketua Pokdakan Sakato, Antoni mengaku sangat senang Pokdakan Sakato mewakili Sumbar pada ajang yang sama ke tingkat nasional yang diperkirakan akan dilaksanakan pada Oktober atau November mendatang.

Ia menceritakan, Pokdakan Sakato yang berdiri pada 2012 lalu memiliki luas lahan pembibitan seluas 14 hektare. Selain itu, Pokdakan Sakato juga sudah memiliki koperasi Bina Sakato. “Kini aset koperasi kami sudah mencapai sebesar Rp350 juta,” tandasnya.

Karena meraih juara pertama, Pokdakan Sakato mendapatkan hadiah berupa piagam, 2 unit Note Book, 1 unit printer dan 1 tabung oksigen portable. Hadiah dan piagam dari Gubernur Sumbar itu diserahkan langsung oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis kepada Ketua Pokdakan Sakato, Senin (18/4) di halaman Kantor Bupati Pasaman.

[Man St Pambangun]