Satu Tahun Pasca-Pemilihan Ketua, SK Kepengurusan Karang Taruna Kota Payakumbuh tak Kunjung Terbit

Pengurus Karang Taruna Kecamatan bersama Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh periode 2021-2026.
Pengurus Karang Taruna Kecamatan bersama Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh periode 2021-2026. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sejumlah pengurus Karang Taruna Kecamatan di Kota Payakumbuh meminta pemerintah daerah setempat segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) sekaligus melantik kepengurusan Karang Taruna Kota Payakumbuh periode 2021-2026.

Pemilihan Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh periode 2021-2026 sendiri telah dilakukan pada 14 Januari 2021 lalu dengan Yonaldi terpilih sebagai ketua. Meski telah satu tahun pasca-pemilihan, SK kepengurusan tak kunjung dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

baca juga: 4 MUA Asal Payakumbuh Ikuti Kompetisi Make Up Nasional di Pekanbaru

Kondisi itu pun memunculkan pertanyaan di kalangan pengurus Karang Taruna Kecamatan di daerah tersebut. Mereka pun mendesak pemko atau Wali Kota Payakumbuh untuk segera menerbitkan SK sekaligus melantik kepengurusan Karang Taruna Kota Payakumbuh periode 2021-2026.

"Kamia heran sekaligus bertanya-tanya kenapa hingga saat ini pemko atau Wali Lota Payakumbuh tak kunjung melantik dan menerbitkan SK Kepengurusan Karang Taruna Kota Payakumbuh terpilih periode 2021-2026, ada apa? Padahal sudah hampir satu tahun pasca-pemilihan ketua baru," sebut Ketua Karang Taruna Kecamatan Payakumbuh Selatan, Rio Afrizen diamini Nailul Azmi (Kecamatan LATINA), Robi Setiadi Ardha (Barat), Hendra Putra (Utara), M. Afandi (Timur), Selasa (11/1).

baca juga: Baru Tiga Fasilitas Lapangan di GOR Tipe B Payakumbuh yang Dapat Digunakan

Rio Afrizen menambahkan, keheranan mereka di kalangan pengurus Karang Taruna Kecamatan juga diperparah dengan pelantikan salah satu organisasi yang ada di Payakumbuh meski proses seleksi baru selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Kami semakin heran melihatsalah satu organisasi sosial/kemasyarakatan yang baru tuntas melakukan proses seleksi langsung dilantik oleh Wali Kota Payakumbuh . Padahal dulu saat pemilihan (Temu Karya Daerah/TKD VI Karang Taruna Payakumbuh ) juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Payakumbuh , Riza Falepi." Tambahnya.

baca juga: Resmi Ditabuh, Liga U-35 Kota Payakumbuh 2022 Akan Berlangsung Selama 8 Bulan

Sementara itu, Pimpinan Sidang Sementara Temu Karya Daerah/TKD VI Karang Taruna Payakumbuh , Novanto Yudistira menyebut bahwa seluruh administrasi agar SK dan pelantikan untuk kepengurusan yang baru telah mereka penuhi sesuai aturan.

"Seluruh kebutuhan administrasi hingga hasil sidang formatur telah kita serahkan ke Dinas Sosial, namun hingga Oktober tahun lalu jawaban pasti terkait SK maupun pelantikan tak kunjung ada titik terangnya," Sebut Novanto.

baca juga: Dibantu UM Surakarta dan Kaltim, UMSB Akan Buka Prodi S2 Hukum

Ia menambahkan, harusnya semua dapat legowo dan dewasa dalam menangani persoalan sosial dan tidak perlu pula diseret-seret ke ranah politik.

"Harusnya kita semua dewasa, siap menang dan siap kalah, ini persoalan sosial, bukan persoalan politik dan jangan diseret-seret ke arah situ. Kami berharap persoalan ini segera selesai dan SK segera terbit dan dilakukan pelantikan pengurus terpilih," katanya.

Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh terpilih hasil Temu Karya Daerah/TKD VI, Yonaldi menyebut, meski SK kepengurusan belum terbit, pihaknya bersama seluruh pengurus hingga ke tingkat kecamatan tetap menjalankan program-program kerja yang sudah disusun. Salah satunya bukti nyata adalah keluarnya Karang Taruna Sopan Santun Kelurahan Balai Jarang Aia Tabit Kecamatan Payakumbuh Timur sebagai juara 1 dalam lomba Pilar Sosial Berprestasi tahun 2021 tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Kita tetap jalan terus meski belum diakui secara resmi (SK diterbitkan dan dilanti). Buktinya, perwakilan Karang Taruna Kota Payakumbuh keluar sebagai juara 1 dalam lomba Pilar Sosial Berprestasi tahun 2021, sebab ini adalah organisasi sosial kita harus tetap bergerak dan berbuat untuk kepentingan bersama," ujar Yonaldi yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Payakumbuh itu.

Ke depan, Yonaldi mengaku akan berbuat yang terbaik untuk menjalankan roda organisasi Karang Taruna Kota Payakumbuh , termasuk untuk menyiapkan berbagai kegiatan pada 2022. (*)

Editor: Taufik Hidayat