Dinilai Terbaik di Sumbar, SMAN 1 Solok Selatan Studi Banding ke Jurusan Bahasa SMAN 3 Payakumbuh

Dinilai Terbaik di Sumbar, SMAN 1 Solok Selatan Studi Banding ke Jurusan Bahasa SMAN 3 Payakumbuh
Dinilai Terbaik di Sumbar, SMAN 1 Solok Selatan Studi Banding ke Jurusan Bahasa SMAN 3 Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - SMAN 1 Solok Selatan kunjungi SMAN 3 Payakumbuh , Selasa 11 Januari 2022. Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding terhadap Jurusan Bahasa yang ada di SMAN 3 Payakumbuh .

Kepala SMAN 1 Solok Selatan Asril mengatakan studi banding tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap keberadaan Jurusan Bahasa di sekolah yang dipimpinnya.

baca juga: 4 MUA Asal Payakumbuh Ikuti Kompetisi Make Up Nasional di Pekanbaru

Ia menjelaskan setelah mencari informasi dari berbagai sumber, akhirnya pihaknya memutuskan untuk menyambangi SMAN 3 Payakumbuh yang dinilai memiliki prestasi, khususnya di Jurusan Bahasa.

"Saya mulai jadi kepala sekolah sekitar tahun 2019 dan punya keinginan untuk membuka Jurusan Bahasa. Hal ini mengingat pengalaman saya yang dulunya terlambat dalam berbahasa atau menguasai bahasa dan bersyukurnya majelis guru setuju," ujar Asril saat memberikan sambutan di Aula SMAN 3 Payakumbuh .

baca juga: Pantauan Polres Solok Selatan, Minyak Goreng Kemasan Belum Satu Harga di Solsel

Menurutnya, setelah mencari berbagai referensi akhirnya memutuskan untuk ke SMAN 3 Payakumbuh yang memiliki Jurusan Bahasa. Ia berharap dengan dilakukannya studi banding tersebut nantinya memberikan motivasi dan menambah informasi terkait Jurusan Bahasa kepada siswa siswi Jurusan Bahasa di SMAN 1 Solsel .

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Payakumbuh Irma Takarina menambahkan bahwa ia bersyukur atas prestasi SMAN 3 Payakumbuh , khususnya Jurusan Bahasa mulai dari nilai UN tertinggi di Sumbar beberapa tahun hingga ekstrakurikuler Bahasa Jerman yang sudah masuk 10 besar untuk Asia Pasifik.

baca juga: Baru Tiga Fasilitas Lapangan di GOR Tipe B Payakumbuh yang Dapat Digunakan

"Sebenarnya kunjungan SMAN 1 Solsel ini bukan studi banding, tapi lebih kepada Program Berbagi karena ada yang bisa dibawa dari SMAN 3 Payakumbuh dan juga ada yang ditinggal oleh SMAN 1 Solok Selatan ," kata Kepala Sekolah Berprestasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, kedua sekolah menampilkan kemampuan siswanya dalam menguasai bahasa asing. Salah satunya siswa SMAN 3 Payakumbuh yang membawakan acara menggunakan 4 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, dan Bahasa Jepang.

baca juga: Dibantu UM Surakarta dan Kaltim, UMSB Akan Buka Prodi S2 Hukum

Selain itu, kegiatan Studi Banding SMAN 1 Solok Selatan ini juga memberikan informasi terkait kisah sukses alumni Jurusan Bahasa dan siswa yang berhasil masuk kuliah di universitas negeri dan favorit yang ada.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi