Dinas Pertanian Pessel Siapkan Puluhan Miliar Untuk Akomodir Harapan Petani dan Peternak

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel, Madrianto
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel, Madrianto (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat siapkan puluhan miliar untuk pengembangan dan peningkatan program pertanian dan peternakan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel, Madrianto mengatakan, anggaran tersebut guna mendukung program Pemkab Pessel dalam peningkatan sektor pertanian dan peternakan.

"Anggaran ada Rp45 miliar. Dimana Rp18 miliar diantaranya diperuntukan untuk belanja mengikat. Belanja mengingkat itu, termasuk operasional dan gaji. selebihnya untuk program" terangnya pada KLIKPOSITIF, Kamis 13 Januari 2022.

Sesuai perencanaan program yang disusun Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel, diantaranya fokus pada peningkatan kesejahteraan petani, mulai dari bantuan kelompok hingga program stimulan saat bencana.

"Selain dengan keterbatasan anggaran APBD, kita juga menyelaraskan dengan program strategis provinsi dan pusat," jelasnya.

Menurutnya, sesuai ketersedian anggaran yang ada dan peluang program dari provinsi dan pemerintah pusat, pihaknya optimis bisa mengoptimalkan seluruh program yang ada.

"Ya, tentunya dengan dukungan bersama. Kita optimis ini terealisasi dalam mengakomodir kebutuhan petani," ujar mantan Kepala UPTD KPHP Pessel itu.

Dinas Pertanian dan Peternakan Pessel merupakan perampingan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Karena kepemimpinan Bupati Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariansyah menilai perampingan itu sebagai upaya penghematan dalam pengeluaran pembiayaan operasional daerah.

Setidaknya dalam SOTK baru, dari 30 OPD menjadi 25 OPD, diantaranya termasuk Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhor bun) dan Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan menjadi Pertanian dan Peternakan.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri