Kapal KRI Sepanjang 100 Meter Akan Diangkut ke Daratan Pariaman

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Proses peletakan kapal perang bekas KRI Teluk Ratai-509 yang dihibahkan oleh TNI Angkatan Laut (AL) untuk Kota Pariaman menelan anggaran senilai Rp2 miliar.

Biaya tersebut telah dianggarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman , untuk proses peletakkan KRI Teluk Ratai 509 itu dari lautan ke daratan Pantai Pauh, Pariaman .

baca juga: Untuk Merubah Prilaku Buruk Napi, Ini yang Dilakukan Lapas Pariaman

"Kapal tersebut rencananya diletakkan di samping GOR Pauh. Dana tersebut digunakan untuk membuat landasan yang mungkin dengan mengeruk pasir pantai," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Pariaman , Asrizal pada KLIKPOSITIF , Kamis 13 Januari 2022.

Asrizal juga katakan, Pemko Pariaman akan membuatkan kolam untuk KRI Teluk Ratai.

baca juga: Tiga Kali Lakukan Pencurian, Ke 4 Kalinya Pria ini Ditembak Polisi

"Dengan adanya kolam itu, meskipun kapal terletak maka seolah berada di lautan atau perairan," ulas dia.

Untuk diketahui juga, kondisi KRI Teluk Ratai saat ini belum memiliki sekat atau ruangan sehingga setiba di Pariaman nantinya akan dilakukan pembuatan ruangan agar sesuai dengan kapal itu didatangkan yaitu untuk pariwisata dan edukasi.

baca juga: Genius Umar: Alumni Saga Saja Disiapkan untuk Pengetasan Kemiskinan

"Dengan adanya KRI Teluk Ratai di Pariaman , maka dapat meningkatkan daya tarik daerah pariwisata kota tersebut sehingga berdampak ekonomi masyarakat. Kapal itu dapat difungsikan sebagai sarana edukasi, rekreasi untuk wisatawan," jelas Asrizal.

Ia menyebutkan panjang kapal tersebut mencapai 100 meter dengan lebar 15,5 meter, dan berat 1.445 ton. Dengan seluas itu maka dapat dibuatkan banyak ruangan untuk memperkuat konsep edukasi dan pariwisata.

baca juga: Ini Upaya Pemerintah Pariaman untuk Capai 100 Persen Target Vaksinasi Dosis Pertama

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi