Hanya Satu Calon Perempuan yang Maju dalam Pilkades Pariaman

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net) (net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Di Pariaman , hanya satu calon kades perempuan yang maju dalam Pilkades serentak Kota Pariaman . Perihal itu dikatakan oleh Kepala DPMD Kota Pariaman , Hendri, Jumat (14/1/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman , Hendri mengatakan bahwa hanya satu Calon Kepala Desa perempuan yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) Serentak 2022.

baca juga: Untuk Merubah Prilaku Buruk Napi, Ini yang Dilakukan Lapas Pariaman

Perhelatan serentak itu akan digelar pada tanggal 12 Februari 2022, di tiga kecamatan yang ada di Kota Pariaman . Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pariaman Utara, Kecamatan Pariaman Timur, dan Kecamatan Pariaman Selatan.

"Untuk Pilkades serentak tahun 2022 ini, ada sebanyak 68 orang Calon Kepala Desa dari 18 Desa di 3 kecamatan yang ada di Kota Pariaman , yang akan bertarung pada bulan Februari mendatang, dan salah satunya adalah perempuan," ungkap Hendri.

baca juga: Tiga Kali Lakukan Pencurian, Ke 4 Kalinya Pria ini Ditembak Polisi

Dengan tampilnya satu orang perempuan dalam Pilkades serentak ini, kata Hendri lagi, menunjukan bahwa emansipasi atau keterlibatan perempuan dalam pembangunan di Kota Pariaman sudah semakin meningkat. "Kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan tersebut sudah diakui,"ulasnya.

Hendri menjelaskan, calon Kades Perempuan ini berhak untuk bertarung dalam Pilkades serentak di bulan Februari nanti, karena salah satu syarat untuk menjadi calon kepala desa tersebut adalah warga negara Indonesia asli, tidak peduli perempuan atau laki-laki Perempuan .

baca juga: Genius Umar: Alumni Saga Saja Disiapkan untuk Pengetasan Kemiskinan

"Mereka berhak mendapatkan perlakuan yang sama dalam pemerintahan, apalagi mereka mampu dan dipercayai oleh masyarakat dalam memimpin desa mereka," tegasnya.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani