Manfaatkan Dana Desa Untuk Pengembangan Pariwisata, Objek Wisata Berkonsep Persawahan Ini Mulai Jadi Primadona di Pariaman

Objek wisata sawah
Objek wisata sawah (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Objek Wisata Sawah di Pariaman yang baru saja dibuka, kini menjadi primadona bagi pengunjung wisata di Pariaman . Betapa tidak, setiap harinya sekitar 300 orang menikmati keindahan wisata tersebut.

Kepala Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman , Sumatera Barat, mengatakan pihaknya membangun objek wisata dengan konsep persawahan yang diberi nama Wisata Sawah Fajar Rezki Illahi.

baca juga: Wapres Minta Proses Sertifikasi Halal Produk UMKM Dipermudah

"Objek wisata ini dibangun menggunakan dana desa dengan nilai sekitar Rp445 juta, telah diresmikan pada 30 Desember 2021," ungkap Kepala Desa Pauh Timur Ulil Amri di Pariaman , Pada KLIKPOSITIF ,Sabtu 15 Januari 2022.

Biaya masuk ke objek wisata tersebut tidak juga mahal, hanya beberapa ribu rupiah saja.

baca juga: Walikota Pariaman Bersihkan Lapangan Merdeka untuk Sarana Olahraga Masyarakat

"Ada tiket masuknya, cuma Rp5 ribu per orang. Dengan biaya segitu wisatawan akan mendapat minuman jahe yang diproduksi oleh warga Pauh Timur serta dipinjamkan caping dan perlengkapan tradisional sawah lainnya," jelas Kades itu.

Selain itu, katanya lagi, pada sore dan malam hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Al Fajar sebagai pihak yang mengelola objek wisata juga menyewakan perlengkapan karaoke kepada wisatawan senilai Rp25 ribu per jam," kata Ulil Amri.

baca juga: Koruptor dan Pelaku Kejahatan Lainnya di Indonesia Tidak Bisa Lagi Sembunyi di Singapura

Dikatakanya, objek wisata itu dibuat untuk meningkatkan ekonomi Desa Pauh Timur. Untuk hal itu juga pihaknya berencana akan membuat kafe, paket wisata sawah , serta wahana lainnya yang dapat menambah daya tarik objek wisata serta pendapatan BUMDes.

Ia menjelaskan dibuatnya objek wisata dengan konsep menjelajah di atas sawah yaitu untuk melengkapi objek wisata di Pariaman yang identik dengan pantai.

baca juga: Pemkot Pariaman Bangun Joging Track di Lapangan Merdeka

"Kami ingin mendukung Pemerintah Kota Pariaman untuk menjadikan kota ini sebagai kota wisata," ujarnya.

Objek wisata tersebut dibuka dari pukul 10.00 WIB sampai malam hari atau hingga tidak ada lagi wisatawan karena objek wisata itu lebih ramai pada malam hari.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri