Sirkuit MotoGP Palembang Ditargetkan Rampung Akhir Tahun 2017

Masterplan Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang
Masterplan Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang (Net)

KLIKPOSITIF -- Ikatan Motor Indonesia menargetkan pembangunan sirkuit untuk balapan kelas sepeda motor kelas dunia MotoGP selesai pada akhir tahun 2017 ini. Hal itu kemudian membuat Indonesia berpeluang untuk menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2018 nanti.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal IMI pusat, Jeffrey JP. Menurutnya peletakan batu pertama untuk pembangunan sirkuit tersebut dilakukan pada Februari mendatang. Tidak hanya untuk MotoGP, sirkuit dengan panjang 4,3 kilometer tersebut juga didesain untuk balapan Formula 1.

baca juga: Kembali Jadi Naik Podium, Marquez Menang MotoGP Jerman

"Sirkuit itu nantinya akan mendapatnya FIM Grade A dan FIA grade B. Ini cocok untuk MotoGP, WTCC, GP2, F3. Kalau untuk Formula 1 akan ada biaya tambahan sekitar Rp 300 Miliar. Tapi desain sirkuitnya dan luas lahan memungkinkan untuk memenuhi standar F1," katanya.

Seminimal mungkin, pembangunan sirkuit sudah 50 persen pada akhir 2017 ini. Terkait hal tersebut, pihak IMI mengaku akan menjembatani pihak pemerintah Sumatera Selatan dengan Dorna Sport (penyelenggara MotoGP).

baca juga: Peforma Bagus, Kontrak Johann Zarco dan Jorge Martin Diperpanjang Pramac Racing

"Kalau pembangunan sirkuit sudah menunjukan perkembangan yang cukup baik, baru kita akan ajukan untuk penyelenggaran MotoGP ini. Kalau belum ada, apa yang mau kita usulkan, lihat perkembangannya nanti saja," papar Jeffrey.

Sirkuti MotoGP di Palembang ini akan dibangun di kawasan olahraga Jakabaring. Pembangunan sirkuit tersebut dilakukan berdasarkan rencana pengembangan pelaksanaan iven di Asia karena animo yang cukup tinggi dari masyarakat.

baca juga: Gagal Finis di Mugello, Ini yang Terjadi Pada Morbidelli

Sirkuit tersebut dibangun di atas lahan seluas 120 hektare yang didesain memiliki 9 tikungan kanan dan 5 tikungan kiri.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa