Walikota Lantik Pejabat Disdukcapil Kota Solok

Walikota Solok, Zul Elfian melantik pejabat di Disdukcapil Kota Solok.
Walikota Solok, Zul Elfian melantik pejabat di Disdukcapil Kota Solok. (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Walikota Solok, H. Zul Elfian melantik 12 orang pejabat yang mengisi struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok , Selasa 17 Januari 2017 di Kantor Balaikota Solok.

Ke-12 pejabat ini terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama atau setara eselon II, Administrator atau setara eselon III dan Pengawas atau setara eselon IV. Sedangkan, dinas yang mengurus segala macam administrasi kependudukan tersebut masih dipimpin oleh wajah lama, Nofa Elfino.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Usai dilantik, ke-12 pejabat ini langsung diambil sumpah jabatannya yang dipimpin langsung oleh Walikota Solok, Zul Elfian dan didampingi oleh dua rohaniawan yakni, dari Islam dan Kristen, karena salah satu pejabat tersebut menganut agama Kristen.

Walikota Solok dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat di tubuh Disdukcapil Kota Solok memang dikhususkan dan dipisahkan dari pelantikan pejabat dari OPD lainnya.

baca juga: Jamin Keamanan Pangan, Pemko Sediakan Pondok Uji Gratis di Pasar Raya Solok

"Disdukcapil memang dipisahkan pelantikannya dari pejabat eselon OPD lain karena harus melalui mekanisme khusus dan menunggu keputusan dari Kementrian Dalam Negeri," ujar Walikota Solok H. Zul Elfian.

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Solok , Rusdianto, Ketua Komisi III DPRD Kota Solok , Daswippetra Dt. Manjinjiang Alam dan sejumlah Kepala OPD lainnya di lingkup Pemerintah Kota Solok .

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

Para pejabat ini dilantik melalui Surat Keputusan Walikota Solok nomor 188.45/50/2017 yang berisi tentang pengangkatan Pegawai Negri Sipil di lingkungan Disdukcapil Kota Solok dan keputusan tersebut didasarkan atas surat Mendagri.

Kepada pejabat yang sudah dilantik, orang nomor satu di lingkungan Pemko Solok ini berpesan agar semua pejabat dan pegawai yang ada di lingkungan Disdukcapil untuk meningkatkan kinerjanya.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

“Yang paling penting adalah bagaimana memberikan pelayanan yang prima terhadap kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat, harus ada inovasi dalam meningkatkan pelayanan tersebut,” beber Zul Elfian.

Walikota Solok kembali menekankan kepada para pejabat untuk menghindari praktek-praktek pungutan liar (pungli) atau korupsi dalam bentuk apapun untuk mewujudkan zona bebas korupsi di Kota Solok .

[Syafriadi]

Penulis: Agusmanto