TKI Asal Bali Ditangkap FBI, Agen Siap Tanggung Jawab

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

DENPASAR, KLIKPOSITIF -- Agen pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke Amerika Serikta, PT Sumber Bakat Insani bakal bertanggung jawab atas penangkapan seorang warga Bali yang diketahui bernama Gede Sukrantara oleh Federal Bureau of Investigation (FBI) pada 22 Januari lalu.

Baca Juga :  TKI Asal Bali Ditangkap FBI, Ini Kata Disnaker Bali

baca juga: Kunjungi Sumbar, Kepala BP2MI Sosialisasikan Undang-undang Perlindungan Pekerja Migran

"Agen yang memberangkatkan TKI tersebut akan bertanggung jawab atas penangkapan warga Bali di Amerika Serikat," kata perwakilan BP3TKI Bali , Simon Zaenal Daniel pada KLIKPOSITIF , Kamis 26 Januari 2017.

Terkait dengan itu, BP3TKI juga belum bisa mengambil langkah lanjutan terkait nasib pria yang berkerja di sebuah kapal persiar tersebut. Gede Sukrantara saat ini ditahan di penjara Paul Rein Detention Facility, St. Pompano Florida.

baca juga: Penembakan di AS Terjadi Lagi, 9 Korban Meninggal

Penahanan pria tersebut dilakukan lantaran ia telah melakukan tindakan pelecehan seksual, dalam hukum Amerika Serikat, perbuatan Gede Sukrantara telah melanggar undang-undang Florida pasal 800.04-4a (tindakan pelecehan/pencabulan terhadap korban di bawah umur 16 tahun).

Pada saat yang sama, Simon juga meluruskan Sukrantara diberangkatkan oleh agen yang merekrutnya, bukan oleh Disnaker Kabupaten Buleleng. Sejauh ini, informasi yang diketahuinya atas kasus yang menjerat Sukrantara yakni pihak kepolisian siap membebaskan Sukrantara dengan uang jaminan sebesar US$15 ribu.

baca juga: Lap Tangan Usai Salaman dengan Presiden Korsel, Wapres AS Kamala Harris Jadi Sorotan

"Jadi, informasi yang kami terima pihak kepolisian bisa membebaskan dengan tebusan uang sebesar 15 ribu dollar Amerika Serikat. Tapi bagaimana skema pembayarannya, apakah ditanggung agen atau korban, kami belum tahu," paparnya kemudian.

Agen PT SBI sendiri belum berhasil dikonfirmasi untuk dimintai keterangan. Saat dihubungi wartawan, perusahaan yang memiliki kantor cabang di kawasan Sentral Parkir, Kuta itu belum memberikan jawaban.

baca juga: Presiden AS Janji Bantu Bangun Palestina, Tapi Keamaan Israel Tetap yang Utama

"Saya tidak berhak memberikan keterangan soal itu (kasus yang menimpa Gede Sukrantara). Pemiliknya tidak ada di sini, beliau berada di Jakarta," ujar suara seorang wanita yang ada di kantor itu melalui sambungan telepon.

[Bobby Andalan]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa