Besok, Kepengurusan DPP IKA Faterna Unand Dilantik

Sekko Padang, Asnel
Sekko Padang, Asnel (net)

PADANG, KLIKPOSITIF —Bila tak ada aral melintang, besok (28/1), pengurus DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Faterna Unand ) periode 2016-2020 , dilantik.

Pelantikan yang direncanakan bertempat di kantor Wali Kota Padang, Aiapacah, Kototangah itu, bakal dihadiri ratusan alumni Faterna Unand yang sudah berkiprah di Sumbar maupun luar daerah. Di mana, pelantikan dilakukan Dekan Faterna Unand Prof Dr Ir James Hellyward MSd.

baca juga: 15 Warga Binaan Lapas Pariaman Bebas, Tangisan Bahagia dari Keluarga Menyambut

Ketum DPP IKA Faterna Unand tetpilih, Ir Asnel MSi berkomitmen lebih memaksimalkan peranan alumni ke depannya. Selaku salah satu fakultas tertua di Unand (berdiri 9 Oktober 1963, red), sebut Asnel , tentunya keberadaan Fakultas Peternakan Unand sudah turut berkontribusi besar bagi kemajuan daerah, bahkan nasional.

"Kontribusi tersebut ditunjukkan dengan adanya sejumlah alumni yang berkiprah di hampir semua sektor. Mulai kepala daerah, ketua DPRD, dirjen dan lainnya. Nah, ke depan potensi kekuatan alumni inilah yang akan kita maksimalkan,” kata Asnel yang sekarang jadi Sekko Padang.

baca juga: Komisi II DPRD Pessel Batalkan Hearing dengan Direksi PDAM, Ini Alasannya

Menurut Asnel , keberadaan alumni ini juga berperan penting dalam membesarkan Faterna Unand selaku almamater. Cuma saja, sejauh ini potensi alumni tersebut belum tergarap maksimal. Berbeda dengan sejumlah IKA fakultas lain di Unand , seperti IKA Fakultas Pertanian. Di samping sudah memiliki aset sendiri, keberadaannya juga diperhitungkan dalam gerak pembangunan Sumbar .

“Bila ikatan alumni lain bisa, tentu IKA Faterna Unand juga bisa. Hal ini juga menjadi salah satu program strategis kita juga nantinya. Di samping menginventarisir database alumni, kita juga berupaya memiliki sekretatiat alumni yang representatif nantinya. Dengan begitu, potensi alumni bisa lebih terorganisasir,” terang Asnel .

baca juga: Pemkot Pariaman Kembali Buka Pasar Produksi Jati

Asnel melihat, sebetulnya kebutuhan terhadap alumni peternakan sangat besar. Baik di institusi pemerintahan, maupun sektor swasta. Peluang terbesarnya tentu berkiprah di bidang peternakan dengan mengembangkan usaha peternakan . Terlebih, hari ini pemerintah masih banyak bergantung produk impor, seperti impor daging sapid an lainnya.

“Nah, inilah yang kita upayakan nantinya. Intinya, bagaimana alumni-alumni peternakan Unand bisa langsung bekerja seusai menyelesaikan pendidikan. Bukan tak mungkin, ke depan kita bikin yayasan yang bisa menghimpun seluruh kekuatan alumni," katanya.

baca juga: Antisipasi Dampak Tingginya Harga Minyak Goreng, Pemkot Pariaman Segera Buka Pasar Murah

Sementara Dekan Faterna Unand Prof Dr Ir James Hellyward MSd mengakui bahwa kekuatan alumni beperan penting bagi kemajuan fakultas. Salah satunya, bisa berkontribusi terhadap fakultas baik berbentuk  pemikiran dan hal-hal lainnya. Termasuk, memotivasi mahasiswa baru agar sukses dalam kuliah maupun berkiprah seusai tamat kuliah.

“Kita yakin kepengurusan alumni yang akan dilantik ini, bisa memberi andil lebih maksimal bagi kemajuan Fakultas Peternakan Unand . Sehingga, keberadaan Fakultas Peternakan   Unand bisa lebih terangkat dalam kiprahnya memajukan sektor peternakan di Sumbar maupun nasional,” harap James yang tengah berada di Jakarta.

Dalam struktur kepengurusan DPP IKA Faterna Unand periode 2016-2020 terdapat sejumlah tokoh. Di antaranya, mantan Bupati Tanahdatar Shadiq Pasadigue, Wakil Rektor II Asdi Agustar, Direktur Padang Ekspres Sukri Umar, Pemred Padang TV Nashrian Bahzein,  komisioner KPU Sumbar Fikon dan lainnya. (rel).

Penulis: Riki