Momen tak Terlupakan bagi Pedrosa di MotoGP 2016

Dani Pedrosa
Dani Pedrosa (Motogp.com)

KLIKPOSITIF -- Pebalap Honda, dani Pedrosa mengaku balapan di musim 2016 lalu merupakan balapan yang cukup sulit. Selain ubahan pada material tunggangannya, faktor cuaca membuatnya serta sebagian pebalap lainnya kesulitan menemukan pengaturan motor yang tepat.

Sepanjang musim 2016, ada dua ubahan pada motor tunggangan pebalap MotoGP, pertama pada ban, Dorna-penyelenggara balapan-menetapkan ban Michelin untuk ban khusus balapan. Perubahan ban dari Bridgestone ke Michelin itu juga menjadi kendala bagi Pedrosa untuk melesat di lintasan.

baca juga: Peforma Bagus, Kontrak Johann Zarco dan Jorge Martin Diperpanjang Pramac Racing

"Sebagian bagi mereka Michelin cukup bagus, tapi ada pula yang kesulitan beradaptasi, salah satunya saya. Perubahan itu membuat balapan semakin berat," katanya.

Tantangan lain adalah menghadapi Electronic Control Unit (ECU), perubahan sistem kelistrikan tersebut membuat Dani dan timnya harus bekerja keras untuk menemukan pengaturan motor.

baca juga: Gagal Finis di Mugello, Ini yang Terjadi Pada Morbidelli

Namun, dibalik itu, ada momen tertentu yang membuat Dani merasa beruntung atas balapan di musim 2016 tersebut.

Dikutip dari Motorsport, pebalap asal Spanyol tersebut mengaku terkesan dengan balapan di Misano, karena ia berhasil finish di posisi pertama setelah start di posisi ke-delapan mengalahkan rekan se-timnya Marc Marquez, Valentino Rossi, Vinales dan Lorenzo.

baca juga: Lorenzo: Joan Mir Sulit Saingi Fabio Quartararo

"Jelas itu momen yang tidak terlupakan. Unik dan itulah yang selalu Anda perjuangkan. Saya ingin itu lebih dari sekadar satu momen dan bagaimana Anda menginginkannya, tapi Anda juga bisa melihat dari cara lain," kenangnya.

Saya ingat pertama kali finis di podium dalam kejuaraan dunia, dan bagaimana luar biasa rasanya. Tapi sekarang memenangi balapan hanya menjadi ‘Saya telah memenangi sebuah balapan’. Hal itu cukup menyenangkan," sebutnya kemudian.

baca juga: Tak Raih Podium di Mugello, Vinales Ungkap Apa yang Terjadi

Menghadapi musim 2017 ini, Pedrosa mengaku akan memanfaatkan semua potensi yang ada di dalam dirinya agar bisa bertahan di garis depan balapan.

"Anda harus melihat ke depan – mengingat apa yang bisa Anda lakukan, lebih baik atau tidak. Anda juga harus memperhatikan pada hal yang tidak membuat sukses, tapi fokus kepada apa yang Anda miliki di dalam," pungkasnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa