Jelang Tes Kedua, Marc Marquez Masih Bermasalah dengan ECU

Marc Marquez
Marc Marquez (alpinestars.com)

KLIKPOSITIF -- Juara dunia MotoGP 2016, Marc Marquez masih terkendala dengan kelistrikan RC213V-nya. Terkait dengan itu, ia mengaku harus beradaptasi ulang pada tes pra-musim yang rencananya akan digelar di sirkuit Philip Island, australia 15 Februari mendatang.

Masalah pada ECU RC213V Marquez dirasakan pebalap tim Repsol Honda tersebut saat tes pra-musim di Sepang, Malaysia 30 Januari hingga 1 Februari lalu.

baca juga: Peforma Bagus, Kontrak Johann Zarco dan Jorge Martin Diperpanjang Pramac Racing

Akibatnya, ia harus berada di urutan kedua di bawah Vinales saat tes tersebut. Kendati demikian, Marquez menilai tes pertama tersebut berlangsung cukup baik.

"Kami memulai dengan komponen baru musim ini. Memang sulit saat beradaptasi di hari pertama, tapi sedikit demi sedikit penampilan kami berangsur baik setelah mendapat informasi dari sana-sini. Kami berharap yang lebih baik di Australia," katanya.

baca juga: Gagal Finis di Mugello, Ini yang Terjadi Pada Morbidelli

Jelang tes kedua, pebalap asal Spanyol tersebut mengakui Yamaha dan Ducati adalah lawan yang cukup berat. Namun ia menyebutkan timnya bakal memperbaiki masalah kelistrikan itu pada tes kedua di Australia nanti.

"Bagian ini adalah yang tersulit, namun kami akan memperbaikinya. Tentu saja, tahun ini saya ingin juara lagi," sebutnya dinukil dari CNN.

baca juga: Lorenzo: Joan Mir Sulit Saingi Fabio Quartararo

Khusus balapan musim 2017 ini, tim Repsol Honda mengganti jenis mesin screamer ke big bang. Perbedaan mendasar dari kedua mesin itu dapat dilihat dari jeda pengapian.

Mesin berjenis screamer mempunyai kerja mesin yang agak lama dan sulit dikendalikan, sedangkan jenis big bang memiliki kerja mesin yang lebih cepat dan jinak. Karakter jenis mesin baru inilah yang otomatis mempengaruhi sistem eletronik motor RC213V.

baca juga: Tak Raih Podium di Mugello, Vinales Ungkap Apa yang Terjadi

Direktur Balap Honda Racing Corporation (HRC), Livio Suppo juga menegaskan pihaknya harus memperhatikan hal tersebut.

"Kami sedang bekerja dari sekarang untuk mengubah beberapa aspek seperti dari aedordinamis dan mesin," pungkasnya kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa