KPU Masih Tunggu Pencairan Anggaran Pilkada untuk 12 Daerah

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Republik Indonesia masih menunggu pencairan anggaran pelaksanaan Pilkada serentak untuk 12 daerah di Indonesia.

Anggaran untuk 12 daerah tersebut baru cair kurang dari 50 persen, hingga pelaksanaan pemungutan suara dilakukan, KPU berharap anggaran tersebut cair sepenuhnya besok, Jumat 10 Februari 2017.

baca juga: Januari 2022, KPU Tanah Datar Tetapkan 264.348 Orang Masuk DPB

"Keterlambatan pencairan anggaran dapat berdampak pada pembayaran honor petugas di lapangan. Selain itu, proses distribusi logistik pemilihan suara juga terancam terhambat," kata Komisioner KPU RI Ferry Rizkia.

Adapun 12 KPUD yang belum mendapatkan anggaran sepenuhnya yakni Kota Langsa, Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie, Aceh Barat, Aceh Tamiang, Barito Selatan, Buru, Kota Sorong, Kepulauan Tapen, Dogiyai, dan Provinsi Gorontalo.

baca juga: Pemilu 2024 pada 14 Februari, Politisi NasDem Beri Catatan Ini

"Karena ada banyak item-item anggaran yang harus dicairkan seperti misalnya KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) kan kebutuhan di lapangan juga harus segera," sebutnya.

Berdasarkan data KPU RI, ada 57 daerah yang anggaran Pilkadanya sudah turun 90-100 persen hingga saat ini. Kemudian, 11 daerah anggaran Pilkadanya telah cair sebanyak 70-90 persen dari total biaya dibutuhkan.

baca juga: PDI Perjuangan Nilai Presiden Perlu Terbitkan Perppu Pilkada 2024, Ini 3 Alasannya

Daerah yang anggaran Pilkadanya baru turun 50-70 persen berjumlah 21 daerah. Sisanya, 12 daerah baru menerima kurang dari 50 persen anggaran Pilkada .(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa