Wagub : Semua Pihak Harus Jaga Keamanan Selama Pilkada

Wakil Gubernur Sumbar, Nasril Abit Saat Memantau Pelaksanaan Pilkada di Mentawai
Wakil Gubernur Sumbar, Nasril Abit Saat Memantau Pelaksanaan Pilkada di Mentawai (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan semua pihak terkait berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkada 2017 di dua kawasan yang ada di Sumbar, Payakumbuh dan Mentawai.

Menurutnya semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada harus turut menjaga keamanan selama pesta demokrasi tersebut berlangsung.

baca juga: Wagub Sumbar Jemput Aspirasi Masyarakat ke Pelosok Pasaman

"Semua pihak harus turut menjaga kemanan, begitu juga dengan tim sukses pasangan calon karena siapapun yang menang akan menjadi pemimpin, dan itu harus dihormati," katanya pada KLIKPOSITIF saat meninjau pelaksanaan Pilkada di Kepulauan Mentawai, Rabu 15 Februari 2017.

Kepulauan Mentawai sebutnya, penyelenggaraan pilkada damai sangat berpengaruh dengan pembangunan daerah tersebut, karena saat ini Mentawai masih tergolong daerah tertinggal.

baca juga: Lomba Foto & Video Menyambut Idul Fitri Audy Joinaldy Diumumkan

"Kedatangan kali ini melanjutkan peninjauan sebelumnya, untuk inventarisir ketertinggalan Mentawai," sebut mantan Bupati Pesisir Selatan tersebut.

Pemantauan Pilkada dilakukan di tiga TPS di Kecamatan Tuapejat. Ia menyebutkan, partisipasi pemilih di kawasan kepulauan itu cukup tinggi, "Tadi pagi saya lihat masyarakat sudah ramai berkunjung ke TPS, sebagai tanda partisipasi daerah ini cukup tinggi," ujarnya kemudian.

baca juga: Irwan Prayitno Terpilih Sebagai Kepala Daerah Terinovatif dalam Pengembangan Wisata Halal Versi ASR

Peninjauan tersebut dilakukan bersama 61 SOPD diantranya SOPD, seperti Dinas PU, Pariwisata, Bapeda, Pol PP dan Damkar, serta Dinas Pertanian.

Seperti diketahui, pemungutan suara Pilkada di Kepulauan Mentawai digelar pada 228 TPS yang tersebar di 10 Kecamatan.

baca juga: Disdik Sumbar Ajak Siswa Kembangkan Bakat Melalui Lomba Debat

Dua paslon Bupati-Wakil Bupati Mentawai yang bertarung pada Pilkada 2017 yakni paslon nomor urut 1 Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleake yang diusung PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partasi Nasdem, Partai Gerindra, Partai PAN, PKS, dan PBB. Paslon nomor urut 2 Rijel Samaloisa-Binsar Saleleubaja yang diusung Partai Hanura dan Demokrat.(Webtorial)

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa