PLN Jamin Sistem Kelistrikan Selama Pilkada

Pihak PLN Melakukan Pengecekan Listrik
Pihak PLN Melakukan Pengecekan Listrik (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pihak PLN (Persero), menyatakan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada )di Sumatera Barat, yakni Kabupaten Mentawai dan Kota Payakumbuh, untuk sistem kelistrikan telah dijamin tidak akan ada kendala.

Hal tersebut ditegaskan pihak PLN sebagai bentuk dukungan terhadap kelancaran pesta demokrasi di daerah ini, dan juga Indonesia secara umum.

baca juga: Makin Mudah dan Cepat, Pengaduan Layanan Kelistrikan Lewat PLN Mobile

"Ini merupakan bentuk dukungan dalam menyukseskan pilkada . Untuk menjamin ketersediaan listrik tersebut, pihak PLN menugaskan beberapa petugas piket dan menyiapkan genset untuk standby selama kegiatan berlangsung," kata Manager PLN Rayon Tua Pejat yang menangani daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Aprinaldo.

Ia menambahkan, khusus untuk Kepulauan Mentawai, saat ini sudah aman, dimana daya mampu pembangkit saat ini berkisar 4.795 KW sedangkan beban puncak 2.442 KW. Selain itu, supply energi listrik terhadap jaringan pendistribusian dan kesiapan pembangkit telah kami awasi sehingga performa mesin pembangkit dapat terjaga.

baca juga: Terbukti Berikan Keandalan, Lokasi Tambak Udang Kembali Jadi Pelanggan Premium PLN

Khusus dalam pilkada ini, PLN Rayon Tua Pejat meminjamkan satu buah genset dengan daya 4 KW kepada KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai guna antisipasi apabila terjadi gangguan pada sistem yang ada. Selain itu PLN Rayon Tua Pejat juga telah menyiapkan SOP untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan acara tersebut. SOP JTM 20 KV sendiri telah dikirimkan kepada Polres, Kodim, dan KPU setempat.

Selain kesiapan listrik di Mentawai, komitmen yang sama juga terjadi di Kota Payakumbuh. Petugas PLN Rayon Payakumbuh jauh-jauh hari telah melakukan pengecekan supply energi listrik ke kantor KPU Payakumbuh serta kantor Camat untuk melihat kesiapan listrik di instansi tersebut.

baca juga: PDI Perjuangan Nilai Presiden Perlu Terbitkan Perppu Pilkada 2024, Ini 3 Alasannya

“Kami telah melakukan pengecekan beberapa hari sebelumnya ke beberapa lokasi seperti Kantor KPU, Kantor Camat, hingga semua lokasi TPS di Kota Payakumbuh. Seluruh instasi dan tempat pemungutan suara tersebut telah siap baik dari segi penerangan, computer, serta back up gensetnya,” ujar Manager Rayon Payakumbuh, Bimo Triatmojo.

Bimo juga menjelaskan bahwa akan ada petugas piket yang standby serta genset pada hari Pilkada dan perhitungan suara berlangsung. Beberapa penyulang juga diprioritaskan pada hari tersebut, diantaranya penyulang GH Kota, Aur Kuning, Padang Tiakar, dan penyulang Sicincin.

baca juga: Lewat Aplikasi PLN Mobile, Pasang Baru Listrik Kini Jadi Makin Mudah

Beberapa langkah kami lakukan untuk membantu pasokan listrik di lokasi Pilkada , sehingga bila terjadi pemadaman maka proses perhitungan suara tidak terganggu. PLN juga berharap adanya kerjasama yang aktif antara KPU dan PLN, khususnya terkait kebutuhan tambahan daya (multiguna), sehingga nanti tidak terjadi penurunan daya listrik. Semua kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen PLN untuk menjaga kelancaran serta kesuksesan proses demokrasi di Indonesia. (*)

Penulis: Eko Fajri