19 Mahasiswa Indonesia di Jepang Telah Dievakuasi pascagempa

Gempa merusak bangunan di Kumamoto, Jepang bagian selatan. Foto diambil oleh Kyodo (16/4)
Gempa merusak bangunan di Kumamoto, Jepang bagian selatan. Foto diambil oleh Kyodo (16/4) (Reuters.com)

KLIKPOSITIF - Sebanyak 19 mahasiswa Indonesia yang tinggal di Prefektur Kumamoto, Jepang telah di evakuasi pascagempa.

"Evakuasi warga juga ada yang ditujukan ke Hiroshima dan ke Tokyo," kata Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo Alinda M Zain, Kamis 21 April 2016.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Tindakan ini dipimpin langsung oleh Koordinasi Fungsi (Atase) Protokol dan Konsuler KBRI Tokyo yang hadir di Kumamoto bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI di Osaka.

Ia mengatakan, sistem manajemen bencana di Jepang sudah sangat baik. Penanganan seluruh warga, baik orang Jepang maupun warga asing diperlakukan sama sehingga tidak mungkin terjadi penelantaran warga yg terkena musibah

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Saat tim KBRI tiba di Kumamoto, mahasiswa Indonesia dan warga negara Indonesia lainnya sudah berada di shelter-shelter yg disediakan kampus dan pemerintah lokal Kuyakuso,

Di daerah Kumamoto, jumlah mahasiswa Indonesia hanya 60 orang. "Dengan begitu, info yang mengatakan jumlah tersebut 320 orang, tidak akurat dan tidak dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

Tim KBRI Tokyo adalah tim bantuan kedutaan dari negara ASEAN yang paling awal yang berhasil tiba di Kumamoto, yaitu Sabtu siang (16/4). Saat itu, Bandara Kumamoto masih ditutup akibat gempa dan Kereta Api Shinkansen pun juga tidak beroperasi.

Melalui Bandara Fukuoka, Tim KBRI Tokyo berhasil menembus rintangan dan dapat mencapai Kumamoto untuk membantu WNI dan Warga Jepang yang menjadi korban.

baca juga: Subuh-subuh, Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pasaman

[Fitria]

Penulis: Fitria Marlina