YHLI "Hijaukan" Batu Busuk dengan 20 Ribu Pohon Produktif

Walikota Padang (tengah) menyerahkan secara simbolis bibit pohon produktif kepada Ketua YHLI
Walikota Padang (tengah) menyerahkan secara simbolis bibit pohon produktif kepada Ketua YHLI ()

PADANG , KLIKPOSITIF -- Yayasan Hutan Lestari Indonesia ( YHLI ) kembali melakukan penghijauan di kawasan Sumbar. Kali ini, sebanyak 20 ribu bibit pohon produktif yang terdiri dari cengkeh, pala, durian, manggis, sirsak dan alpukat, ditanam di hutan Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang .

Walikota Padang , Mahyeldi Ansharullah yang ikut menghadiri seremoni penanaman bibit pohon di kawasan Lambung Bukit itu mengatakan bahwa dirinya, sangat mengapresiasi apa yang diinisiasi oleh yayasan yang didirikan orang minang yang ada di perantauan Ibu Kota Jakarta. 

baca juga: Pekan Ini, Sumbar Terima 30 Ton Liquid Oksigen dari Pekanbaru

Menurutnya, kegiatan YHLI berupa penghijauan di Batu Busuk ini sangat tepat dilakukan, karena di daerah ini banyak tersedia lahan produktif, namun belum berproduksi dengan baik. Selain itu, kegiatan penghijauan ini juga dapat meningkatkan ketersedian air bersih. Sebab, kawasan hutan Batu Busuk merupakan daerah lumbung air.

"Di samping dapat meningkatkan ketersedian air bersih, penghijauan ini juga dapat menggerakan perekonomian masyarakat. Untuk itu, saya sebagai Walikota Padang sangat berterimkasih sekali kepada YHLI yang peduli dengan kondisi hutan di Kota Padang ," kata walikota usai seremoni penananam ribuan bibit pohon produktif di kawasan PLTA Kuranji Semen Padang , Senin, (27/3).

baca juga: Cerita Tenaga Kesehatan RSUP M Djamil Padang Yang Menyaksikan Empat Kematian Sekaligus Akibat Covid-19

Selain kepada YHLI , Walikota Mahyeldi juga mengucapkan terimakasih kepada instansi seperti FIF Group dan PDAM yang telah menyumbangkan bibit pohon produktif untuk ditanam di kawasan Batu Busuk. "Termasuk kepada pihak Semen Padang yang ikut memfasilitasi kegiatan seremoni penanaman pohon produktif tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Ketua YHLI , Ardedi Tanjung, mengatakan, penanaman pohon produktif ini merupakan kali kedua dilakukan. Sebelumnya, penanaman juga dilakukan di kawasan Salingka Danau Maninjau. Di sana, kata dia, puluhan ribu bibit juga ditanam dengan tujuan, dapat mengantisipasi terjadinya bencana longsor di kawasan salingka Danau Maninjau.

baca juga: Pemko Padang Akan Bagikan Bansos Beras, Lihat Jadwalnya

"Apa yang kami lakukan di Batu Busuk ini, juga sama dengan yang dilakukan di Salingka Danau Maninjau. Apalagi, Batu Busuk merupakan kawasan Bukit Barisan dan dekat dengan Sungai Kuranji. Jadi, harus butuh perhatian," ujarnya.

Ke depan, kata Ardedi, YHLI akan terus melakukan penghijauan kawasan hutan dan bukit produktif yang selama ini tidak termanfaatkan dengan baik, karena YHLI merupakan yayasan nasional yang fokus melestarikan hutan di Indonesia.

baca juga: Pemko Padang Kumpulkan 7,5 Ton Beras Dari Perusahaan Untuk Warga Terdampak PPKM

" YHLI tidak akan pernah berhenti melakukan penghijauan di kawasan hutan yang tidak produktif. Karena hutan merupakan warisan untuk anak cucu kami. Untuk itu, kepada masyarakat Batu Busuk, kami berharap agar menjaga dan melestarikan hutannya dengan baik," tutu Ardedi.(*)

Penulis: Riki